MENUMBUHKAN EMPATI DAN KEPEDULIAN MELALUI PLP I: REFLEKSI AWAL DI SMP NEGERI 4 AMBON

Main Article Content

Hanafi Bilmona
Marcy Saartje Ferdinandus

Abstract

Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) I bukan hanya menjadi media observasi bagi calon guru, tetapi juga merupakan ruang pembelajaran untuk menumbuhkan empati dan kepedulian, dan kesadaran profesionalisme. PLP I yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 Ambon memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk menyelami kehidupan sekolah secara utuh melalui pengamatan, interaksi, dan refleksi. Mahasiswa tidak hanya belajar dari apa yang mereka lihat, tetapi juga dari nilai-nilai yang terbangun di antara warga sekolah. Temuan menunjukkan bahwa pengalaman PLP I memicu kesadaran mahasiswa akan kompleksitas dunia pendidikan serta pentingnya peran guru sebagai pembimbing sekaligus panutan. Kegiatan ini menegaskan bahwa pengenalan lingkungan sekolah sejak dini sangat penting untuk membentuk karakter guru yang peduli, adaptif, dan reflektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bilmona, H., & Ferdinandus, M. S. (2022). MENUMBUHKAN EMPATI DAN KEPEDULIAN MELALUI PLP I: REFLEKSI AWAL DI SMP NEGERI 4 AMBON. Gaba-Gaba : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Bidang Pendidikan Bahasa Dan Seni, 2(1), 14-19. https://doi.org/10.30598/gabagabavol2iss1pp14-19
Section
Articles