STUDI OBSERVASI EKOSISTEM SEKOLAH DALAM PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN DI SMP NEGERI 15 AMBON

Main Article Content

Salmon James Hukom
Bella Claudia Frederika Camerling

Abstract

Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) merupakan program yang dirancang untuk memberikan mahasiswa kependidikan pengalaman langsung dalam lingkungan sekolah. PLP 1 difokuskan pada observasi ekosistem sekolah, termasuk manajemen, proses pembelajaran, serta interaksi antara guru dan siswa. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang diterapkan di SMP Negeri 15 Ambon cukup bervariasi, dengan pendekatan yang berpusat pada siswa. Selain itu, ditemukan tantangan seperti keterbatasan sarana dan prasarana yang dapat mempengaruhi efektivitas pembelajaran. Melalui PLP 1, mahasiswa memperoleh pemahaman mendalam tentang dinamika sekolah tanpa terlibat langsung dalam proses mengajar. Kegiatan ini menjadi landasan penting dalam membangun kompetensi pedagogik mahasiswa sebelum memasuki tahap praktik mengajar di PLP selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hukom, S. J., & Camerling, B. C. F. (2023). STUDI OBSERVASI EKOSISTEM SEKOLAH DALAM PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN DI SMP NEGERI 15 AMBON. Gaba-Gaba : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Bidang Pendidikan Bahasa Dan Seni, 3(1), 1-7. https://doi.org/10.30598/gabagabavol3iss1pp1-7
Section
Articles