MENGENAL DINAMIKA SEKOLAH MENENGAH: STUDI PENGALAMAN LAPANGAN DI SMP NEGERI 9 AMBON
Main Article Content
Abstract
Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) bertujuan membekali mahasiswa pendidikan dengan pengalaman awal di lingkungan sekolah. Artikel ini membahas hasil observasi dan refleksi mahasiswa terhadap dinamika sekolah di SMP Negeri 9 Ambon. Fokus pengamatan mencakup struktur organisasi, kultur sekolah, tata tertib, serta kebiasaan positif yang membentuk karakter peserta didik. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui observasi langsung dan dokumentasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa SMP Negeri 9 Ambon memiliki organisasi yang tertata, budaya sekolah yang membangun nilai kedisiplinan, serta kebiasaan positif seperti 3S (senyum, sapa, salam), upacara bendera, dan kebersihan lingkungan. Temuan ini menunjukkan bahwa kultur sekolah memiliki peran penting dalam mendukung proses pembelajaran dan pembentukan karakter siswa. Pengalaman ini memberikan pemahaman kontekstual yang penting bagi mahasiswa dalam mengenal dunia pendidikan secara nyata.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.