PELATIHAN KEMAMPUAN MENULIS ESAI ARGUMENTATIF BAGI SISWA SMA NEGERI 7 AMBON MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Main Article Content

Mariana Lewier
Chrissanty Hiariej

Abstract

Kemampuan menulis esai argumentatif merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang penting dalam pengembangan daya pikir kritis dan kemampuan berkomunikasi secara tertulis. Namun, keterampilan ini masih menjadi tantangan bagi sebagian besar siswa SMA, yang seringkali belum mampu menyusun argumen secara logis dan sistematis. Rendahnya keterampilan ini disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang belum sepenuhnya kontekstual serta minimnya latihan yang terarah. Menanggapi kondisi tersebut, tim Pengabdian kepada Masyarakat dari Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia melaksanakan kegiatan pelatihan menulis esai argumentatif dengan pendekatan kontekstual di SMA Negeri 7 Ambon. Kegiatan ini diawali dengan pemberian pelatihan intensif yang mencakup pemahaman struktur esai, teknik menyusun argumen, serta penggunaan bahasa yang efektif. Pelatihan dilanjutkan dengan pendampingan praktik menulis secara langsung oleh dosen kepada 30 siswa kelas XI. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan peserta dalam menyusun esai yang lebih terstruktur, berisi argumen yang relevan, serta lebih percaya diri dalam mengemukakan pendapat melalui tulisan. Sebagian besar siswa juga mampu mengaitkan topik-topik esai dengan pengalaman pribadi dan lingkungan sekitar mereka. Kegiatan ini membuktikan bahwa pendekatan kontekstual efektif dalam meningkatkan kualitas tulisan argumentatif siswa dan mendorong terbentuknya sikap berpikir kritis.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lewier, M., & Hiariej, C. (2024). PELATIHAN KEMAMPUAN MENULIS ESAI ARGUMENTATIF BAGI SISWA SMA NEGERI 7 AMBON MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Gaba-Gaba : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Bidang Pendidikan Bahasa Dan Seni, 4(1), 1-8. https://doi.org/10.30598/gabagabavol4iss1pp1-8
Section
Articles