PEMANFAATAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA EVALUASI INTERAKTIF DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR BAHASA JERMAN

Main Article Content

Patresia Silvana Apituley
Carolina Lestuny

Abstract

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya untuk mendampingi para guru Bahasa Jerman dalam mengenal dan memanfaatkan Quizizz, sebuah aplikasi evaluasi berbasis daring yang dirancang untuk menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif, menyenangkan, dan bermakna. Di tengah perkembangan teknologi dan tuntutan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik serta pemanfaatan media digital, guru dituntut untuk lebih adaptif dalam memilih dan mengembangkan alat evaluasi yang sesuai dengan kebutuhan zaman. Quizizz hadir sebagai salah satu alternatif yang tidak hanya mempermudah pelaksanaan evaluasi secara real time, tetapi juga memberikan umpan balik langsung kepada siswa, serta memungkinkan integrasi unsur permainan yang dapat meningkatkan motivasi belajar. Pelatihan ini dilaksanakan secara tatap muka melalui pendekatan workshop dan praktik langsung, agar peserta kegiatan tidak hanya memahami teori, tetapi juga memiliki kesempatan untuk mencoba langsung dan mengembangkan soal-soal evaluasi yang kontekstual untuk pembelajaran Bahasa Jerman. Berdasarkan hasil pelatihan, para peserta menunjukkan peningkatan dalam pemahaman penggunaan teknologi dalam pembelajaran, khususnya dalam menyusun evaluasi yang lebih kreatif dan menarik. Selain itu, guru-guru juga menyampaikan bahwa penggunaan Quizizz berdampak positif terhadap partisipasi siswa, karena suasana evaluasi menjadi lebih santai namun tetap bermakna. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya memperkuat kapasitas guru dalam hal pemanfaatan teknologi, tetapi juga mendorong terciptanya proses evaluasi yang lebih humanis dan relevan dengan karakteristik pembelajaran abad ke-21.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Apituley, P. S., & Lestuny, C. (2024). PEMANFAATAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA EVALUASI INTERAKTIF DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR BAHASA JERMAN. Gaba-Gaba : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Bidang Pendidikan Bahasa Dan Seni, 4(1), 9-17. https://doi.org/10.30598/gabagabavol4iss1pp9-17
Section
Articles