PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH DAN CARA SUBMIT KE OJS BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA

Main Article Content

Romilda Arivina da Costa
Grace Somelok

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi akademik mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, khususnya dalam keterampilan menulis artikel ilmiah dan memanfaatkan platform Open Journal System (OJS) sebagai media publikasi. Realitas di lapangan menunjukkan bahwa banyak mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam menyusun artikel ilmiah yang sesuai dengan standar akademik, serta belum familiar dengan prosedur publikasi melalui OJS. Padahal, kemampuan ini sangat penting untuk mendukung budaya akademik, menunjang tugas akhir, dan meningkatkan daya saing lulusan di dunia akademik dan profesional. Melalui kegiatan pelatihan yang dilaksanakan secara luring, peserta dibimbing mulai dari pemahaman dasar mengenai hakikat artikel ilmiah, kaidah penulisan ilmiah, hingga praktik teknis langkah demi langkah dalam melakukan unggahan dan pengiriman artikel pada platform OJS. Metode pelatihan meliputi ceramah interaktif, diskusi kelompok, serta simulasi langsung dengan bimbingan fasilitator. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta mengenai struktur artikel ilmiah dan prosedur publikasi di jurnal berbasis OJS. Peserta juga menunjukkan antusiasme tinggi dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Pelatihan ini diharapkan menjadi langkah awal dalam membangun budaya publikasi ilmiah di kalangan mahasiswa dan mendorong mereka untuk aktif berkontribusi dalam diseminasi pengetahuan melalui media jurnal ilmiah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
da Costa, R. A., & Somelok, G. (2024). PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH DAN CARA SUBMIT KE OJS BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA. Gaba-Gaba : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Bidang Pendidikan Bahasa Dan Seni, 4(1), 18-24. https://doi.org/10.30598/gabagabavol4iss1pp18-24
Section
Articles