TRANSFORMASI DIGITAL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS: PELATIHAN PENERAPAN AI DI SMA/SMK

Main Article Content

Stella Rose Que
Inggrit Olivin Tanasale

Abstract

Transformasi digital dalam dunia pendidikan telah mendorong lahirnya berbagai inovasi pembelajaran, salah satunya melalui pemanfaatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pelatihan penerapan AI dalam pembelajaran Bahasa Inggris di jenjang SMA/SMK sebagai bagian dari program Pengabdian kepada Masyarakat. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan guru untuk mengembangkan metode pembelajaran yang lebih interaktif, kontekstual, dan sesuai dengan tuntutan era digital. Pelatihan difokuskan pada pemanfaatan platform berbasis AI seperti ChatGPT, Grammarly, dan Quillbot yang mendukung peningkatan keterampilan berbahasa siswa, khususnya dalam aspek menulis, membaca, dan berbicara. Metode pelatihan dirancang secara partisipatif dengan pendekatan demonstratif dan praktik langsung, sehingga para peserta dapat memahami secara konkret penerapan teknologi tersebut dalam pembelajaran. Hasil evaluasi pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman guru terhadap fungsi dan manfaat AI dalam kelas Bahasa Inggris, serta tingginya antusiasme peserta untuk mengintegrasikan teknologi tersebut ke dalam rencana pembelajaran mereka. Temuan ini memperlihatkan bahwa pelatihan penerapan AI dapat menjadi langkah strategis dalam mendukung transformasi pembelajaran yang adaptif, inovatif, dan berorientasi pada peningkatan kompetensi abad ke-21. Kegiatan ini juga memberikan kontribusi positif terhadap penguatan kapasitas profesional guru dalam menghadapi tantangan dan peluang pendidikan di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Que, S. R., & Tanasale, I. O. (2024). TRANSFORMASI DIGITAL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS: PELATIHAN PENERAPAN AI DI SMA/SMK. Gaba-Gaba : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Bidang Pendidikan Bahasa Dan Seni, 4(1), 43-50. https://doi.org/10.30598/gabagabavol4iss1pp43-50
Section
Articles