PERANAN LAGU BERBANTUAN APLIKASI SUNO SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JERMAN SISWA
Main Article Content
Abstract
Bahasa Jerman merupakan bahasa asing kedua yang diajarkan di SMA/SMK di Maluku. Dalam pengenalannya, siswa mengalami kesulitan belajar kosakata dan struktur bahasa Jerman. Namun guru selalu berusaha supaya siswa dapat memahami materi yang diajarkan dengan baik, walaupun perbedaan bahasa Indonesia dan bahasa Jerman membuat mereka masih merasa sulit untuk mempelajari bahasa yang baru. Hal ini membuat guru mencari cara yang kreatif sehingga materi yang diajarkan dapat diserap dengan mudah oleh siswa. Untuk itu, guru perlu merancang media interaktif yang mudah untuk diakses dan menggunakan media digital yang sudah familiar dengan siswa SMA yang sekarang ini dikenal dengan gen Z. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini merupa pendampingan bagi guru untuk mengajar materi bahasa Jerman dengan memanfaatkan salah satu media digital interaktif Suno. Dalam pengabdian ini, tim PKM mengajar materi Uhrzeiten und Aktivitäten. Siswa diminta untuk menyusun teks sederhana terkait dengan materi Uhrzeiten und Aktivitäten. Teks tersebut kemudian dipindahkan ke dalam aplikasi Suno. Dalam aplikasi tersebut, mereka dapat memilih genre musik yang diinginkan. Siswa akhirnya dapat menciptakan lagu yang menarik dan enak didengar dengan menggunakan teks sederhana yang disusunnya. Melalui lagu tersebut, siswa dapat mengingat tema, kosa kata dan struktur yang baru dipelajarinya. Secara sadar, mereka dapat melafalkan lagu tersebut sesuai dengan pengucapan bahasa Jerman. Hasilnya, belajar bahasa Jerman sebagai bahasa asing menjadi lebih bermakna dan menyenangkan. Secara keseluruhan, pendampingan yang dilakukan ini memberikan dampak positif tidak hanya bagi siswa, tapi juga bagi guru. Pembelajaran menjadi lebih bermakna dan menyenangkan. Siswa dapat dengan mudah menghafal kosakata yang diajarkan karena mereka membuat lagi sesuai dengan genre lagu yang disukai. Saat guru mempraktekkannya di kelas, ia merasa terbantu dengan materi pendampingan yang diberikan. Suasana belajar menjadi lebih menyenangkan dan bermakna, serta hasil belajar bahasa Jerman siswapun meningkat.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.