METODE BERCERITA UNTUK SISWA SD
Main Article Content
Abstract
Bercerita adalah menuturkan sesuatu yang mengisahkan tentang perbuatan atau suatu kejadian dan disampaikan secara lisan dengan tujuan membagikan pengalaman dan pengetahuan kepada orang lain. Kegiatan bercerita atau bertutur bagi semua kalangan (siapa saja) dapat dilakukan dengan baik jika dilakukan dengan metode yang tepat, sehingga apa yang hendak disampaikan kepada orang lain dapat diterima dan dimaknai dengan baik juga. Pengabdian yang dilakukan di SD Inpres Yafila merupakan kegiatan dalam bentuk memberikan materi yang berhubungan dengan metode bercerita siswa SD, dan kegiatan tersebut melibatkan siswa SD kelas IV dan guru mata pelajaran Bahasa Indoensia. Tujuan pelaksanaan pengabdian yaitu untuk memberikan pengetahuan tentang metode bercerita bagi siswa SD kelas IV. Metode yang dipakai dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SD Inpres Yafila yaitu metode dengan bentuk interaktif; hal yang terkait dengan komunikasi dua arah dan saling melakukan aksi, saling aktif dan saling berhubungan serta mempunyai hubungan timbal balik antara satu dengan yang lainnya (dalam hal ini pemateri, guru dan siswa kelas IV SD). Kegiatan pengabdian yang dilakukan banyak memberikan manfaat dan tujaun bercerita bagi siswa kelas IV, sehingga dapat membantu mereka dalam menyiapkan diri untuk megikuti lomba-lomba bercerita atau beruttur antarsekolah, dan materi yang diberikan juga bermanfaat tentunya bagi guru, khususnya guru mata pelajaran Bahasa Indoensia. Secara umum ada dua bentuk metode bercerita yang dapat digunakan siswa untuk bercerita di depan umum, yaitu bercerita tanpa alat peraga dan bercerita dengan alat peraga.