PENINGKATAN KAPASITAS GURU PAUD DALAM MENYUSUN ASESMEN PEMBELAJARAN DI KOTA BULA KABUPATEN SERAM BAGIAN TIMUR

  • Rosmarin Tutupary
  • Ferdinanda S. Noya
  • Lussy L. Latuputty
Keywords: kapasitas, assesmen, pembelajaran

Abstract

Asesmen yang dilakukan bagi orang dewasa berbeda dengan asesmen yang dilakukan bagi anak usia dini. Beberapa alasan mendasar yakni karakteristik perkembangan anak yang unik sehingga membutuhkan teknik pengukuran atau asesmen yang berbeda. Sehingga dalam menentukan alat ukur atau teknik pengukuran asesmen perlu dipertimbangkan tahapan perkembangan anak. guru PAUD tidak memiliki kemampuan untuk melakukan asesmen maka sulit untuk dapat mengetahui tingkat perkembangan anak, apakah sudah berkembang sesuai harapan ataukah sebaliknya mengalami keterlambatan perkembangan. Akibatnya adalah guru tidak mampu secara optimal merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar setiap anak sesuai dengan perkembangannya. Setelah melakukan pelatihan, para peserta diharapkan memiliki pengetahuan dan pemahaman guru dalam menyusun asesmen pembelajaran serta mampu menyusun asesmen PAUD. Sedangkan target luaran wajib yang hendak dicapai adalah laporan pengabdian pelaksanaan kegiatan dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal tanggal 13-15 Juni tahun 2023 yang akan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan yang terlaksana dari pukul 09.00 WIT – selesai. Hasil yang dicapai dari kegiatan pengabdian ini adalah tersalurnya informasi dan pengetahuan kepada guru-guru PAUD tentang menyusun asesmen pembelajaran dan pada akhirnya mampu melakukan asesmen di PAUD.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-03