PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN PJOK INKLUSIF MEWUJUDKAN PENDIDIKAN JASMANI YANG MERATA DI ERA DIGITAL

  • Yellia Tomasoa Universitas Pattimura
  • Vicktor Henry Rony Apituley Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Pattimura, Ambon, Indonesia
Keywords: Pendidikan Inklusif, Pendidikan Jasmani, Era Digital

Abstract

Pendidikan jasmani inklusif merupakan pendekatan dalam dunia pendidikan yang memberikan peluang kepada semua siswa termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus—untuk terlibat secara aktif dalam berbagai aktivitas fisik dan olahraga. Prinsip utama dalam pembelajaran PJOK adalah mendorong keterlibatan aktif siswa serta menumbuhkan rasa senang selama melakukan aktivitas fisik. Dalam konteks pendidikan inklusif, layanan pendidikan jasmani diberikan kepada seluruh anak dengan berbagai karakteristik, termasuk peserta didik berkebutuhan khusus (ABK). Di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif, terdapat siswa dengan beragam jenis hambatan, seperti hambatan penglihatan, pendengaran, motorik, komunikasi, perhatian, emosi, perilaku, maupun sosial. Setiap siswa berhak memperoleh pendidikan jasmani yang mampu mendukung kebutuhan dan mengatasi hambatan yang mereka miliki. Oleh karena itu, proses pembelajaran pendidikan jasmani menjadi lebih menantang bagi guru, karena mereka harus memastikan bahwa setiap anak mendapatkan kesempatan bergerak yang sesuai dan mampu mengembangkan potensi dirinya secara optimal. Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) dirancang berorientasi pada aktivitas yang mencakup berbagai bentuk gerak jasmani, olahraga, serta upaya menjaga kesehatan yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik.

Namun, dengan adanya kemajuan teknologi yang begitu cepat, penting bagi sekolah-sekolah untuk tetap berusaha mengintegrasikan kemajuan teknologi dalam proses pembelajaran. Hal ini sejalan dengan temuan penelitian yang menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dapat membantu dalam pengembangan media pembelajaran, layanan bimbingan, pembelajaran bahasa, dan layanan perpustakaan online. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah untuk melakukan pendampingan pembelajaran inklusif di Era digital.

 

Kata Kunci: Pendidikan Inklusif, Pendidikan Jasmani, Era Digital

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-11-14