ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DONGENG “SCHNEEWEIßCHEN UND ROSENROT” KARYA BRÜDER GRIMM

  • Jesiska Matulessy Universitas Pattimura
  • Samuel Jusuf Litualy Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Kunu Hanna Grietje Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pattimura, Indonesia
Keywords: nilai-nilai sosial, pendidikan karakter, dongeng Brȕder Grimm

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk  mendeskripsikan  unsur-unsur intrinsik dan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam dongeng “Schneeweißchen und Rosenrot“ karya Brüder Grimm. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif, yaitu memberikan gambaran secara jelas tentang nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam dongeng “Schneeweißchen und Rosenrot“. Data penelitian berupa deskripsi kata-kata, frasa, kalimat yang mengacu pada nilai pendidikan karakter dalam dongeng “Schneeweißchen und Rosenrot” karya Brüder Grimm. Sumber data penelitian ini adalah dongeng “Schneeweißchen und Rosenrot” karya Brüder Grimm diakses dari http://wwwgrimmstories.com/de/ grimmmarchen/indeks. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catat. Instrumen penelitian adalah para penulis sendiri (human instrument). Hasil penelitian ini merupakan deskripsi unsur-unsur intrinsik yakni nilai-nilai pendidikan karakter dalam dongeng Schneeweißchen und Rosenrot yaitu: 1) tokoh utama (a) Schneeweißchen und Rosenrot  (Putih Salju dan Mawar Merah) dengan karakter pendiam, menjaga kebersihan, penyayang pemberani, penurut dan penyabar, (b) tokoh ibu, dengan karakter baik hati, (c) tokoh berikut adalah si beruang, dengan karakter: suka membalas dendam, (d) selanjutnya tokoh kurcaci) dengan karakter: suka berkata kasar,  tidak tahu berterima kasih, suka menyalahkan orang lain. 2) latar atau Setting Schneeweißchen und Rosenrot  adalah hutan, rumah/pondok, kota, dan waktu lampau, dengan  suasana: takut dan mencekam. 3) Amanat : (a) hidup saling menyayangi satu sama lain, (b) Balas dendam hanyalah membuat kita menjadi sama jahatnya dengan orang yang telah berbuat jahat kepada kita. Oleh karena itu hendaknya kita memaafkan orang yang telah berbuat kesalahan pada kita. Intinya; balaslah kejahatan dengan kebaikan, (c) jangan lupa berterima kasih kepada siapapun yang sudah menolong kita saat mengalami kesulitan. Karena kita sebagai makhluk sosial yang tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dari orang lain, 4) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Dongeng, yaitu sebagai berikut: (a) Nilai kerja keras, (b) Nilai peduli sosial, (c) Nilai peduli sosial, dan (d) Nilai ȕtanggung jawab.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-06
How to Cite
Matulessy, J., Litualy, S., & Grietje, K. (2022). ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DONGENG “SCHNEEWEIßCHEN UND ROSENROT” KARYA BRÜDER GRIMM. J-EDu: Journal - Erfolgreicher Deutschunterricht, 2(1), 102-106. https://doi.org/10.30598/J-EDu.2.1.102-106