PENGARUH PENGGUNAAN OFFICE 365 TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JERMAN SISWA SMA NEGERI 1 AMBON

  • Frangklin Pangeli Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Ida Costansa Tamaela Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pattimura, Indonesia
  • Patresia S. Apituley Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pattimura, Indonesia
Keywords: Office 365, Hasil Belajar Bahasa Jerman

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan Office 365 terhadap hasil belajar Bahasa Jerman siswa SMA Negeri 1 Ambon. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantatif dengan pendekatan  ex post facto, dimana sifat penelitian ini tidak memberi perlakuan atau manipulasi karena variabel bebas sudah terjadi. Ex post facto artinya sesudah fakta. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ambon. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari, variabel X (bebas) : Penggunaan Office 365 dan variabel Y (terikat)  : Hasil Belajar Bahasa Jerman. Instrumen yang digunakan adalah, angket tertutup yang digunakan untuk mengungkapkan data mengenai penggunaan Office 365  sebagai pendukung e-learning, wawancara sebagai instrumen untuk melakukan studi awal dan studi dokumentasi untuk mengumpulkan dokumen-dokumen berupa  nilai hasil belajar bahasa jerman sebelum (semester 1 / ganjil) & sesudah (semester 2 / genap) penggunaan Office 365 sebagai sebagai pendukung e-learning. Dalam penelitian ini Studi Dokumentasi  berupa dokumen terkait hasil belajar siswa digunakan sebagai data utama (Primer), sementara kuesioner & wawancara digunakan sebagai data pendukung (Sekunder). Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Office 365 terhadap hasil belajar bahasa Jerman siswa SMA Negeri 1 Ambon. Hasil belajar bahasa Jerman yang diperoleh menunjukan ada peningkatan, yang dibuktikan dengan menggunakan uji t dependent dengan nilai  thit 3,80 > ttab 2,045, serta didukung oleh hasil wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Jerman dan angket yang diberikan kepada 30 siswa kelas X, menunjukan respon positif dengan presentase sebesar 70,85%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-06
How to Cite
Pangeli, F., Tamaela, I., & Apituley, P. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN OFFICE 365 TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JERMAN SISWA SMA NEGERI 1 AMBON. J-EDu: Journal - Erfolgreicher Deutschunterricht, 2(1), 113-119. https://doi.org/10.30598/J-EDu.2.1.113-119