PERSEPSI DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN AIR TERJUN MANUSAMA DI DESA URENG KABUPATEN MALUKU TENGAH

  • Yemima Matulessy Program Studi Magister Manajemen Universitas Pattimura
  • Debby Pattimahu Dosen Pascasarjana Program Studi Manajemen Hutan Universitas Pattimura
  • Yosevita Latupapua Dosen Pascasarjana Program Studi Manajemen Hutan Universitas Pattimura
Keywords: Persepsi, masyarakat, Air Terjun Manusama

Abstract

Air terjun Manusama merupakan suatu  kawasan objek air terjun alami yang saat ini mendapat perhatian pemerintah daerah dalam pengembangan. Sebagai langkah awal dalam pengembangan objek ekowisata, terlebih dulu harus diketahui persepsi dan peran serta masyarakat terkait pengembangan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis persepsi dan peran serta masyarakat Desa Ureng Dalam Pengembangan Air Terjun Manusama. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dalam bentuk data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data observasi dan wawancara terkait bentuk partisipasi masyarakat  dalam  pengembangan objek, dan pengisian kuisioner terkait persepsi dalam pengembangan. Sedangkan data sekunder terkait bentuk partisipasi dalam laporan desa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat dalam pengembangan objek dan atraksi berada pada kriteria setuju (S) dengan nilai (3475,2),  persepsi dalam pengembangan fasilitas  memiliki  nilai (3301,3)  dengan kriteria sesuai (S) dan  persepsi dalam pengembangan aksesibilitas dengan nilai (3830,2) berada pada kriteria sangat sesuai (SS). Hasil penilaian partisipasi masyarakat dalam perencanaan memiliki kriteria sesuai (S) dengan nilai (3002,4), sedangkan hasil penilaian partisipasi dalam pengelolaan memiliki kriteria sangat sesuai (SS), dengan nilai (3864,4).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Avenzora R. 2008. Penilaian potensi objek wisata : aspek dan indikator penilaian. Di dalam: Avenzora R,editor. Ekoturisme -Teori dan Praktek. Aceh (ID): BRR NAD-Nias. hlm 249-252.

Brahmantyo H, Baiquni M, Fandeli C, Widodo T. 2017. Persepsi masyarakat setempat dan pegawai pemerintah daerah terhadap dampak pembangunan pariwisata: studi kasus di kawasan Kota Tual.Jurnal Khasanah Ilmu. 8(1):10-19.

Hijriati E, Mardiana R. 2014. Pengaruh ekowisata berbasis masyarakat terhadap perubahan kondisi ekologi, sosial dan ekonomi di Kampung Batusuhanan, Sukabumi. Sosiologi Pedesaan. 2(3):146-199.

Kanuna, R. S. 2014. Peranan Pemerintah Daerah Dalam Pengelolaan Potensi Pariwisata Di Kabupaten Toraja Utara. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin. Makasar.

Marpaung, H. 2017. Pengaruh Daya Tarik dan Aksesibililtas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Ke Air Terjun Ponot Di Desa Tangga Kecamatan Aek Songsongan. Kabupaten Asahan. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu UNA 2017.

Rahlem, D.Yozadan, D. Arlita, T. 2017. Persepsi Pengunjung dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekowisata Air Terjun Aek Martua Di Kabupaten Rokan Hulu Jurnal JOM Faperta. Vol.4 No.1 Februari 2017. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). Bandung (ID): Alfabeta.

Widodo, E. 2017.Pengembangan Atraksi Wisata Pantai Tanjung Karang Sebagai Kawasan Wisata Bahari Di Kabupaten Donggala. Jurnal Katalogis, Volume 5 No. 4, April 2017. 206-215.

Published
2018-10-01
How to Cite
Matulessy, Y., Pattimahu, D., & Latupapua, Y. (2018). PERSEPSI DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN AIR TERJUN MANUSAMA DI DESA URENG KABUPATEN MALUKU TENGAH. JURNAL HUTAN PULAU-PULAU KECIL, 2(2), 165-176. Retrieved from https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jhppk/article/view/1106
Section
Articles