Perbedaan Prestasi Belajar Peserta Didik Ditinjau Dari Status Sosial Ekonomi Keluarga di SMK Negeri 1 Ambon

  • Sefnath Nuniary Universitas Pattimura
  • Ferdinanda Sherly Noya Universitas Pattimura
Keywords: Perbedaan, Prestasi belajar, Status sosial ekonomi keluarga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar peserta didik ditinjau dari status sosial ekonomi keluarga di SMK NegeriI 1 Ambon. Penelitian ini menggunakan desain penelitian non eksperimental dengan metode komparatif atau ex-post facto atau pengukuran sesudah kejadian. Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah 60 peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Ambon.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan Harga Kai Kuadrat Observasi (X_o^2) diperoleh nilai X_o^2 < X_t^2, yakni 4.186 < 5.991, yang mengakibatkan hipotesis hipotesis nihil (Ho) yang menyatakan “tidak ada perbedaan prestasi belajar peserta didik ditinjau dari status sosial ekonomi keluarga di SMK Tunas Timur Kairatu Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat” diterima. Saran diharapkan setiap sekolah menyiapkan sarana dan prasarana yang signifikan dalam proses pembelajaran agar peserta didik memperoleh prestasi belajar yang memuaskan. Hendaknya guru terus meningkatkan profesinya baik bersifat teoritis maupun bersifat praktis agar tugas yang dijalankan lebih efektif dan efisien.Tidak melakukan diskriminasi terhadap peserta didik dengan melihat status sosial ekonomi peserta didik Peserta didik agar dapat memotivasi diri sendiri dalam meningkatkan prestasi belajar karena prestasi belajar seseorang tidak dipengaruhi oleh status sosial ekonomi peserta didik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chotimah, L. N., Ani, H. M., & Widodo, J. (2017). Pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017). JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(1), 75. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i1.5004.

El Nokali, N. E., Bachman, H. J., & Votruba-Drzal, E. (2010). Parent involvement and children’s academic and social development in elementary school. Child Development, 81(3), 988–1005. https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2010.01447.x.

Irawan, V. T., Sutadji, E., & Widiyanti. (2017). Blended learning based on schoology: Effort of improvement learning outcome and practicum chance in vocational high school. Cogent Education, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.1080/2331186X.2017.1282031.

Isabel, A. (2014). Journal of Work and Organizational Psychology. Journal of Work and Organizational Psychology, 30(2), 75–81.

Jung, E. (2014). Examining differences in kindergarteners mathematics learning: A closer look at instruction, socioeconomic status, and race. Journal of Educational Research, 107(6), 429–439. https://doi.org/10.1080/00220671.2013.833074.

Kempa, R., Ridi, E., Batlolona, J. R., & Laurens, T. (2019). Evaluating equitable distribution of teacher in Southwest Maluku regency, Indonesia. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 1–30. https://doi.org/10.17478/jegys.573546.

Krathwohl, D. R., & Krathwohl, D. R. (2017). Krathwohl, D. R. (2002). A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview. Theory Into Practice, 41(4), 212–218.

Kvam, D. S., Considine, J. R., & Palmeri, T. (2018). Defining Diversity: an analysis of student stakeholders’ perceptions of a diversity-focused learning outcome. Communication Education, 67(3), 287–307. https://doi.org/10.1080/03634523.2018.1465189.

Matthews, K. E., Adams, P., & Goos, M. (2017). Quantitative skills as a graduate learning outcome: exploring students’ evaluative expertise. Assessment and Evaluation in Higher Education, 42(4), 564–579. https://doi.org/10.1080/02602938.2016.1161725.

Seifert, T. A., Gillig, B., Hanson, J. M., Pascarella, E. T., & Blaich, C. F. (2014). The Conditional Nature of High Impact/Good Practices on Student Learning Outcomes. The Journal of Higher Education, 85(4), 531–564. https://doi.org/10.1080/00221546.2014.11777339.

Serdyukov, P. (2017). Innovation in education: what works, what doesn’t, and what to do about it? Journal of Research in Innovative Teaching & Learning, 10(1), 4–33. https://doi.org/10.1108/jrit-10-2016-0007.

Sutarman, Widiastuti, I., Badriatin, T., Arofah, I., & Syahriani. (2020). Management of character education strengthening strategies in students. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(8), 1790-1801.

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Smart Solution. 2015. Hitung Sendiri IQ Anda. Yogyakarta: PT. Bentang Pustaka.

Wartono, W., Hudha, M. N., & Batlolona, J. R. (2018). How are the physics critical thinking skills of the students taught by using inquiry-discovery through empirical and theorethical overview? Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 691-697. https://doi.org/10.12973/ejmste/80632.

Wood, S. (1999). Human resource management and performance. International Journal of Management Reviews, 1(4), 367–413. https://doi.org/10.1111/1468-2370.00020.

Published
2021-02-22
How to Cite
Nuniary, S., & Noya, F. (2021). Perbedaan Prestasi Belajar Peserta Didik Ditinjau Dari Status Sosial Ekonomi Keluarga di SMK Negeri 1 Ambon. JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN INDONESIA (JIIPI), 1(1), 27-35. https://doi.org/10.30598/JIIPI.1.1.27-35
Section
Articles