Strategi Pengembangan Objek Wisata Air Asol Di Desa Oma, Pulau Haruku, Maluku Tengah

  • Marizol Siahaya Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Pattimura
  • P L Wairisal Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Pattimura
  • Geradin Rehatta
Keywords: Strategi Pengembangan, Objek Wisata

Abstract

 Populasi terdiri dari wirausahawan di desa tersebut, dengan pengambilan sampel non-random sebanyak 40 orang. Variabel penelitian melibatkan Motivasi Diri (X1) dan Lingkungan Keluarga (X2) sebagai variabel bebas, serta Minat Berwirausaha (Y) sebagai variabel terikat, diukur menggunakan skala Likert. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner tertutup, kemudian diuji validitas dan reliabilitas instrumen. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa Motivasi Diri berpengaruh signifikan terhadap Minat Berwirausaha, sedangkan Lingkungan Keluarga tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Secara simultan, Motivasi Diri dan Lingkungan Keluarga berpengaruh terhadap Minat Berwirausaha dengan tingkat signifikansi yang mencapai 0,000. Kesimpulan ini diperkuat dengan nilai F hitung yang lebih besar dari F tabel.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-13
How to Cite
Siahaya, M., Wairisal, P., & Rehatta, G. (2024). Strategi Pengembangan Objek Wisata Air Asol Di Desa Oma, Pulau Haruku, Maluku Tengah. JENDELA PENGETAHUAN, 17(1), 138-150. https://doi.org/10.30598/jp17iss1pp138-150