Problematika Pembelajaran Ekonomi di SMAN 1 Watumalang pada Masa Pandemi COVID-19
Problems in Economics Learning at SMAN 1 Watumalang During the Covid-19 Pandemic
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya problematika pendidikan yang terjadi pada masa pandemi Covid-19 . Penelitian ini membahas mengenai problematika pembelajaran, khususnya mata pelajaran ekonomi pada siswa SMA N 1 Watumalang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana problematika pembelajaran ekonomi di SMA N 1 Watumalang, dan bagaimana solusi dari problematika yang dialami. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif, teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa problematika yang dialami pada pembelajaran ekonomi di SMA N 1 Watumalang pada masa pandemi Covid-19 diantaranya adalah : siswa tidak seluruhnya dapat hadir pada proses pembelajaran, siswa mengalami kesulitan sinyal untuk mengakses proses pembelajaran daring, cakupan materi yang diajarkan tidak tuntas, diskusi antara guru dan siswa terbatas, dan kuota internet terbatas. Adapun solusi yang dilaksanakan adalah : menurunkan standar kompetensi pembelajaran, sekolah memberikan kebijakan untuk meringankan beban penugasan siswa, evaluasi pembelajaran tidak dilakukan secara ketat, dan pemerintah memberikan bantuan subsidi kuota internet untuk guru dan siswa.
Downloads
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Ekonomi (JPE)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.