PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA N 1 WATUMALANG PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Heru Subagyo SMA N 1 Watumalang
Keywords: Problematika, Pembelajaran Ekonomi, Pandemi covid-19

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya problematika pendidikan yang terjadi pada masa pandemi Covid-19 . Penelitian ini membahas mengenai problematika pembelajaran, khususnya mata pelajaran ekonomi pada siswa SMA N 1 Watumalang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana problematika pembelajaran ekonomi di SMA N 1 Watumalang, dan bagaimana solusi dari problematika yang dialami. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif, teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa problematika yang dialami pada pembelajaran ekonomi di SMA N 1 Watumalang pada masa pandemi Covid-19  diantaranya adalah : siswa tidak seluruhnya dapat hadir pada proses pembelajaran, siswa mengalami kesulitan sinyal untuk mengakses proses pembelajaran daring, cakupan materi yang diajarkan tidak tuntas, diskusi antara guru dan siswa terbatas, dan kuota internet terbatas. Adapun solusi yang dilaksanakan adalah : menurunkan standar kompetensi pembelajaran, sekolah memberikan kebijakan untuk meringankan beban penugasan siswa, evaluasi pembelajaran tidak dilakukan secara ketat, dan pemerintah memberikan bantuan subsidi kuota internet untuk guru dan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, G. F. M., & Indrayani, L. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 1–8. https://doi.org/10.23887/JJPE.V13I1.30540
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 . Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/EDU.V2I1.112
Depdiknas. (2003). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Ekonomi SMA & MA. Balitbang.
Dinata, K. B. (2020). Problematika Pembelajaran Daring Mata Kuliah Geometri Transformasi di Masa Pandemi Covid-19 . Eksponen, 10(2), 50–58. https://doi.org/10.47637/EKSPONEN.V10I2.296
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 . JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Hermaswari, M. S., Meitriana, M. A., & Tripalupi, L. E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Attention, Relevance, Convidence and Satisfaction (ARCS) Terhadap Aktivitas Hasil Belajar IPS Terpadu di SMP N 2 Sawan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(1), 136–145. https://doi.org/10.23887/JJPE.V10I1.20088
Junaedi, F., Rahman, T., & Dkk. (2020). Dinamika Komunikasi di Masa Pandemi Covid-19 . Buku Litera UMY.
Kasiwi, A. N. (2021). Covid-19 19 : Citizen Response. Jusuf Kalla School of Goverment.
Made Yeni Suranti, N. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61–70. https://corona.ntbprov.go.id/
Manuhutu, S. (2021). Implementasi Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Se-Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JPE), 1(1), 11–19. https://doi.org/10.30598/JPE.V1.I1.P11-19
Prahara, R. S., Wahyono, H., & Utomo, S. H. (2016). Kualitas Pembelajaran Ekonomi di SMAN dan MAN Malang Raya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(12), 2266–2271. https://doi.org/10.17977/JP.V1I12.8225
Ri’aeni, I. (2020). Membangun Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. In Dinamika Komunikasi di Masa Pandemi Covid-19 19. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Wahyuni, sri. (2016). Model Pembelajaran Make a Match dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMAN 14 Padang. Economica, 5(1), 39–45. https://doi.org/10.22202/ECONOMICA.2016.V5.I1.689
Published
2021-11-17
How to Cite
Subagyo, H. (2021). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA N 1 WATUMALANG PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JPE), 1(2), 44-50. https://doi.org/10.30598/jpe.v1.i2.p44-50