Intervensi Pelatihan Team Building untuk Meningkatkan Kualitas Koordinasi dalam Kerja Tim
Team Building Training Intervention to Improve Coordination Quality in Teamwork
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelatihan team building terhadap kualitas koordinasi dalam teawork di Organisasi Indonesia Mendidik (IM). Responden dalam penelitian ini adalah 30 anggota organisasi yang berasal dari populasi keseluruhan tim Organisasi IM. Peneliti menggunakan analisis data uji-t dan deskripsi statistik (Pre-Post Tes). Hasil nilai t-value sebesar -14,498 dengan signifikansi 0,000 (p<0,05), menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor total dimensi koordinasi pada teamwork sebelum dan sesudah pelatihan. Hal ini terlihat dari rerata skor total kualitas kerja sama tim setelah pelatihan (mean = -0,826) yang lebih besar dibandingkan sebelum pelatihan (mean 0,826). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemberian intervensi pelatihan team building mempengaruhi koordinasi antar sesama anggota tim IM.
Downloads
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Ekonomi (JPE)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.