PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 10 PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penggunaan media Quizizz terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 10 Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre-Eksperimental Design dalam bentuk Pre-test Post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Palembang dan sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 5 yang berjumlah 37 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa Angket dan observasi melalui pembelajaran daring. Teknik analisis data motivasi belajar diperoleh dari analisis data angket pre-test dan post-test serta analisis data observasi pada saat menggunakan media Quizizz dalam proses pembelajaran. Hipotesis menggunakan uji t yaitu statistik uji F sehingga diperoleh Thitung > Ttabel yaitu 5.011 > 2.301 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Uji koefisien determinasi pengaruh variabel X (media Quizizz) terhadap variabel Y (motivasi belajar) sebesar 46% sedangkan 54% dipengaruhi oleh variabel lain. Artinya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Quizizz terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 10 Palembang. Disarankan peserta didik menggunakan identitas diri berupa nama bukan kode materi ekonomi saat mengakses media Quizizz.
Downloads
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Ekonomi (JPE)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.