Implementasi Penilaian Afektif Pada Proses Pembelajaran IPS di SMP Negeri 6 Ambon

  • SILVIA MANUHUTU Universitas Pattimura

Abstract

Penilaian Afektif (sikap)  menjadi salah satu ranah penilaian yang harusnya dapat dilaksanakan untuk menilai hasil belajar siswa bersamaan dengan penilaian kognitif (pengetahuan) dan psikomotorik (keterampilan) secara komprehensif. Penilaian afektif secara ideal harusnya menilai sikap siswa disertai dengan berbagai instrumen penilaian yang bukan saja didasarkan pada penilaian guru, tetapi juga penilaian diri dan penilaian antar teman. Namun pada kenyataannya, seringkali penilaian afektif dilaksanakan hanya sebagai pelengkap kebutuhan laporan pendidikan, karena hasilnya hanya dinarasikan bukan dibuat dalam bentuk angka. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada penilaian subjektif yang bisa saja tidak sengaja dilakukan oleh guru. Oleh sebab itu penelitian ini dirasakan penting untuk dilaksanakan.

Adapun penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang implementasi penilaian afektif pada proses pembelajaran IPS di SMP Negeri 6 Ambon.  Penelitian ini menggunakan variabel tunggal yakni penilaian afektif yang diarahkan pada perencanaan penilaian afektif dan pelaksanaan sikap spiritual (KI1) dan sikap sosial (KI2). Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan telaah dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan beberapa tahapan, yaitu : reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan (1) perencanaan penilaian afektif sudah tertuang dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) namun instrumen penilaian yang digunakan terbatas pada lembar observasi yang dinilai oleh guru; (2) Dalam proses pembelajaran, guru sudah melaksanakan penilaian afektif atas sikap spiritual dan sikap sosial yang terlihat pada kegiatan awal, diskusi kelompok, presentasi hasil diskusi dan kegiatan akhir.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-14
How to Cite
MANUHUTU, S. (2023). Implementasi Penilaian Afektif Pada Proses Pembelajaran IPS di SMP Negeri 6 Ambon. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JPE), 3(1), 1-9. https://doi.org/10.30598/jpe.v3.i1.p1-9