Pemanfataan Lahan Pekarangan Rumah Dalam Memenuhi Kebutuhan Keluarga di Desa Soya, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon

  • Priska Rado Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Pattimura
  • Melianus Salakory Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Pattimura
  • Daniel Anthoni Sihasale Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Pattimura
Keywords: Pemanfaatan Lahan, Pekaranga, Memenuhi Kebutuhan, Keluarga

Abstract

Banyak kegiatan manusia dilakukan di lahan, seperti pemukiman, pertanian, hutan lindung, dan destinasi wisata. Lahan merupakan sumber daya alam yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan manusia dan dapat dimanfaatkan dengan berbagai cara. Salah satu cara umum pemanfaatan lahan adalah melalui pekarangan rumah, di mana lahan pekarangan dimanfaatkan dan diolah dengan berbagai metode agar bermanfaat. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan keluarga. Namun Masalah yang sering terjadi dalam pemanfaatan lahan pekarangan rumah adalah kurangnya pemahaman masyarakat tentang pentinya pemanfaatan lahan pekarangan rumah dan kurangnya pemberitahuan pemerintah terhadap pentinya pemanfaatan lahan pekaran rumah kepada masyarakat. Pemanfaatan lahan pekarangan dalam konteks ini keberlanjutan pangan dan ekonomi keluarga di Desa Soya. Dengan kondisi lahan pertanian yang semakin kritis di Indonesia, pemanfaatan lahan pekarangan di tingkat rumah tangga menjadi strategis dan sangat relevan. Memanfaatkan lahan pekarangan tidak hanya memberikan peluang kepada keluarga dengan lahaan yang luas, tetapi juga dapat meningkatkan pendapatan serta memberikan nilai ekonomi yang tinggi terhadap lahan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan lahan pekarangan tidak hanya memenuhi kebutuhan keluarga tetapi juga memiliki dampak positif pada ekonomi rumah tangga. Keberlanjutan pemanfaatan lahan tersebut dapat membantu mengatasi masalah ketersediaan pangan dan mendukung perekonomian keluarga. Metode penelitian yang melibatkan wawancara langsung dengan responden memberikan kedalaman informasi yang lebih baik. Dengan demikian, penelitian ini dapat menjadi landasan bagi upaya lebih lanjut dalam mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan di Desa Soya untuk meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan bagi keluarga yang Memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulrahman. (2008). Pengembangan Komoditas Pertanian Unggulan di Wilayah Perbatasan Bengkayang Mendukung Pengembangan Lumbung Pangan. Tataloka, 22(3), 331–341. https://doi.org/10.14710/tataloka.22.3.331-341

Ardi wala, Lasaiba, M.A, Robert Berthy Riry. (2022). Pemenuhan Kebutuhan Keluarga Petani Minyak Kayu Putih di Desa Wainibe Kecamatan Fenaleisela Kabupaten Buru. Jurnal Pendidikan Geografi Unpatti.

Buatan, A., Salakory, M., & Riry, R. (2023). Analisis Kesesuaian Lahan Pada Tanaman Kangkung Darat Menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) Di Desa Poka Kota Ambon. Jurnal Pendidikan Geografi UNPATTI, 2(3), 193–202.

Keraf. (2010). Tanaman Pekarangan dalam Meningkatkan Ketahanan Rakyat Pedesaan. Agro-Ekonomi Maret 1978.

Lumasiang, Y., Pinoa, W. S., & Lasaiba, M. A. (2023). Kehidupan Sosial Ekonomi Usaha Keluarga Petani Kelapa (Cocos Nucifera L) dalam Meningkatkan Taraf Hidup di Negeri Soahuku Kecamatan Amahai Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Pendidikan Geografi UNPATTI, 2(1), 37–48.

Milanie, F., Luta, D. A., & Firiani, W. (2023). Prospek Pemanfaatan Lahan Pekarangan untuk Mendukung Kebutuhan Keluarga di Desa Klambir V Kebon Kecamatan Hamparan Perak. Jurnal Pengabdia Masyarakat Disiplin Ilmu, 1(1), 1–4.

Thesiwati, A. S. (2020). Pemanfaatan Lahan Pekarangan sebagai Pangan Lestari di Masa Covid-19 . Pengabdian Kepada Masyarakat Dewantara, 3(2), 25–30.

Ratna. (2016). Pemanfaatan Lahan Pekarangan untuk Meningkatkan Gizi Keluarga. In Penerbit K-Media (Vol. 1, Issue 9).

Salakory, M. (2022). Jurnal pendidikan geografi unpatti. 1, 157–165.

Saliem. (2011). Pemanfaatan Informasi Geospasial Dasar (IGD) untuk Analisis Penyimpangan Arah Kiblat Bangunan Masjid secara Masal. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu Dan Aplikasi Teknik, 21(2), 202–214. https://doi.org/10.55893/jt.vol21no2.473

Sihasale. (2022). Jurnal pendidikan geografi unpatti. 1(April), 90–98. dipekarangan rumah(Milanie et al., 2023).

Published
2023-12-15
How to Cite
Rado, P., Salakory, M., & Sihasale, D. (2023). Pemanfataan Lahan Pekarangan Rumah Dalam Memenuhi Kebutuhan Keluarga di Desa Soya, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. Jurnal Pendidikan Geografi Unpatti, 3(1), 10-22. https://doi.org/10.30598/jpguvol3iss1pp10-22