Kompetensi Guru Geografi Dalam Konteks Pemanfaatan Sumber Belajar Di SMA Negeri 15 Maluku Tengah

  • Suria Wattiheluw Universitas Pattimura
  • Ferdinand S. Leuwol Program Studi Pendidikan Geografi, FKIP, Universitas Pattimura
  • Edward G Tetelepta Program Studi Pendidikan Geografi, FKIP, Universitas Pattimura
Keywords: Kompetensi Guru, Konteks Pemanfaatan Sumber Belajar

Abstract

Pendidikan  memegang  peranan  sangat penting bagi perkembangan penduduk Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, pendidikan   sangat   penting   diperoleh   dari beberapa     disiplin     ilmu     karena     melalui Pendidikan yang berkualitas dapat mempengaruhi   kemampuan   bernalar   suatu bangsa (Nurida et al., 2022). Melihat begitu penting kompetensi guru dan  presepsi siswa, standar kompetensi guru yang telah ditetapkan diharapkan dimiliki guru secara maksimal agar proses belajar mengajar akan lebih efektif. Sumber belajar merupakan segala sesuatu yang dapat di manfaatkan oleh siswa dalam proses pembelajaran, baik secara langsung  maupun tidak langsung. Sumber belajar mencakup apa saja yang dapat digunakan untuk membantu setiap orang untuk belajar dan menampilkan kompetensinya. Dalam proses belajar komponen sumber belajar dapat dimanfaatkan secara tunggal atau secara kombinasi, baik sumber belajar yang direncanakan maupun sumber belajar yang di manfaatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kompetensi Guru Geografi Dalam Konteks Pemanfaatan Sumber Belajar di SMA Negeri 15 Maluku Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan subjek 3 orang Guru Geografi SMA Negeri 15 Maluku Tengah. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan, yaitu dapat dilihat dari empat (4) faktor sumber belajar yang di manfaatkan Guru yaitu benda, karya ilmiah, lingkungan dan manusia. bahwa guru geografi di SMA Negeri 15 Maluku Tengah lebih sering menggunakan benda sebagai sumber belajar, seperti buku, globe, atlas dan peta. Karya ilmiah sebagai sumber belajar tambahan jarang dilakukan guru, untuk lingkungan dan manusia juga para guru tidak memanfaatkannya sebagai sumber belajar, mereka hanya menggunakan benda sebagai sumber belajar di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-23
How to Cite
Wattiheluw, S., Leuwol, F. S., & Tetelepta, E. (2024). Kompetensi Guru Geografi Dalam Konteks Pemanfaatan Sumber Belajar Di SMA Negeri 15 Maluku Tengah. Jurnal Pendidikan Geografi Unpatti, 3(2), 72-79. https://doi.org/10.30598/jpguvol3iss2pp72-79