Kompetensi Guru Geografi Dalam Konteks Pemanfaatan Sumber Belajar Di SMA Negeri 15 Maluku Tengah
Abstract
Pendidikan memegang peranan sangat penting bagi perkembangan penduduk Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, pendidikan sangat penting diperoleh dari beberapa disiplin ilmu karena melalui Pendidikan yang berkualitas dapat mempengaruhi kemampuan bernalar suatu bangsa (Nurida et al., 2022). Melihat begitu penting kompetensi guru dan presepsi siswa, standar kompetensi guru yang telah ditetapkan diharapkan dimiliki guru secara maksimal agar proses belajar mengajar akan lebih efektif. Sumber belajar merupakan segala sesuatu yang dapat di manfaatkan oleh siswa dalam proses pembelajaran, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sumber belajar mencakup apa saja yang dapat digunakan untuk membantu setiap orang untuk belajar dan menampilkan kompetensinya. Dalam proses belajar komponen sumber belajar dapat dimanfaatkan secara tunggal atau secara kombinasi, baik sumber belajar yang direncanakan maupun sumber belajar yang di manfaatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kompetensi Guru Geografi Dalam Konteks Pemanfaatan Sumber Belajar di SMA Negeri 15 Maluku Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan subjek 3 orang Guru Geografi SMA Negeri 15 Maluku Tengah. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan, yaitu dapat dilihat dari empat (4) faktor sumber belajar yang di manfaatkan Guru yaitu benda, karya ilmiah, lingkungan dan manusia. bahwa guru geografi di SMA Negeri 15 Maluku Tengah lebih sering menggunakan benda sebagai sumber belajar, seperti buku, globe, atlas dan peta. Karya ilmiah sebagai sumber belajar tambahan jarang dilakukan guru, untuk lingkungan dan manusia juga para guru tidak memanfaatkannya sebagai sumber belajar, mereka hanya menggunakan benda sebagai sumber belajar di sekolah.