Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik
PDF

Keywords

bahan ajar, kemampuan representasi matematis, realistic mathematic education

How to Cite

Khoiriyah, K. (2022). Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 2(1), 44-52. https://doi.org/10.30598/snpmunpatti.2021.pp44-52

Abstract

Bahan ajar merupakan sumber belajar yang berperan penting terhadap proses pembelajaran, sehingga guru dituntut untuk mampu menyusun sendiri bahan ajar yang inovatif. Akan tetapi kenyataannya, guru masih sebatas menggunakan bahan ajar yang diberikan oleh pemerintah dan bahan ajar yang tinggal pakai atau tinggal membeli. Sehingga dapat dimungkinkan bahan ajar yang demikian bersifat monoton, tidak relevan, tidak kontektual, sulit dipahami lantaran bahasa yang digunakan terlalu tinggi, dan menjadikan peserta didik mudah merasa bosan dalam proses pembelajaran. Kemudian tujuan pembelajaran matematika salah satunya yaitu mendorong peserta didik untuk memiliki kemampuan representasi matematis, namun kemampuan tersebut masih cenderung rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, digunakan bahan ajar matematika berbasis Realistic Mathematic Education. Bahan ajar matematika berbasis Realistic Mathematic Education dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik. Hal ini dikarenakan dengan mengaitkan materi matematika dengan masalah realistik di kehidupan sehari-hari peserta didik dapat menciptakan dan menggunakan representasi matematika nya. Penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan apakah pengembangan bahan ajar matematika berbasis Realistic Mathematic Education dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik. Metode penulisan yang digunakan dalam artikel ini adalah studi pustaka. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar matematika berbasis Realistic Mathematic Education dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik.

https://doi.org/10.30598/snpmunpatti.2021.pp44-52
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.