Abstract
Bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 adalah bahan ajar berbasis pendidikan karakter. Karakter yang perlu dikembangkan guna mendukung pembangunan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas adalah nasionalis. Namun dalam praktiknya, masih banyak sekolah yang menggunakan bahan ajar konvensional yang belum mengintegrasikan nilai pendidikan karakter khususnya nasionalis dan belum sesuai dengan kebutuhan peserta didik untuk mengakomodasikan kemampuan komunikasi matematis sebagai kemampuan yang penting dimiliki pada abad ke-21. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dapat digunakan bahan ajar berbasis karakter nasionalis dengan pendekatan PMRI untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Hal tersebut dikarenakan bahan ajar didasarkan pada masalah-masalah realistik yang terintegrasi dengan nilai karakter nasionalis sehingga tercipta pembelajaran yang bermakna. Dengan mencermati karakteristik dari PMRI yakni menggunakan masalah kontekstual, menggunakan model, menggunakan kontribusi siswa, interaktivitas, serta terintegrasi dengan topik atau konsep lain maka perhatian terhadap kemampuan komunikasi matematis sudah terkondisikan. Penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan apakah pengembangan bahan ajar berbasis karakter nasionalis dengan pendekatan PMRI dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah studi pustaka. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis karakter nasionalis dengan pendekatan PMRI dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.