Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pemecahan masalah matematika siswa SD kelas IV GMIT Oenesu pada materi bangun datar berdasarkan Langkah pemecahan Masalah Polya. Penelitin ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD GMIT Oenesu yang berjumlah 9 orang dengan rincian 5 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Wawancara dilakukan erhadap 4 subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes tertulis, wawancara dan dokumentasi dengan instrumen berupa soal tes tertulis dan pedoman wawancara. Data hasil tes dan wawancara subjek dianalisis secara kualitatif untuk mengungkapkan proses pemecahan masalah matematika siswa dengan merujuk pada langkah pemecahan polya. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum semua subjek mampu memahami masalah yang diberikan, tetapi tidak sampai pada tahap memeriksa kembali. Secara spesifik ditemukan bahwa pada masalah nomor 1, subjek S1, S2, dan S3 mampu memahami masalah, merencanakan strategi pemecahan masalah, tetapi tidak memeriksa kembali. Sementara subjek S4 hanya sampai pada tahap memahami masalah. Pada soal nomor 2, subjek S1, S2 mampu memahami masalah, melaksanakan strategi pemecahan masalah, melaksanakan strategi pemecahan masalah, tetapi tidak memeriksa kembali. Sementara subjek S3 dan S4 hanya sampai pada tahap memahami masalah.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.