Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi literasi terhadap kemampuan matematis mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Metode yang digunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi PGSD Universitas PGRI Palembang yang terdiri dari 15 orang mahasiswa.. Dengan teknik pengumpulan data tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan matematis mahasiswa dalam menyelesaikan soal PISA pada level 1,2,3, dan 4 adalah baik. Namun pada soal level 5 dan 6 kemampuan mahasiswa masih kurang. Pada level 1-4 lebih dari 73% mahasiswa mampu menjawab dengan benar dan pada ada level 5 dan 6 hanya 2 orang yang mampu mengerjakan dengan benar . Hal ini menujukan kemampuan matematis mahasiswa masih kurang dalam memahami kalimat soal dan kurang mampu menggunakan penalaran hal ini didukung dengan hasil wawancara.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.