Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengembangan LKS berbasis multiple intelligences, tingkat validasi pengembangan LKS berbasis multiple intelligences dan kefektifan LKS berbasis multiple intelligences yang dikembangkan bagi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) yang mengikuti langkah-langkah metode Borg & Gall dan mengacu pada prosedur yang telah ditetapkan sebelumnya. Hasil penelitian dan pengembangan menyimpulkan : (1) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis multiple intelligences dikembangkan dengan beberapa langkah. (2) Hasil pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis multiple intelligences dikembangkan dan di uji validitas dari ketiga ahli dan hasilnya menunjukan bahwa LKS berbasis multiple intelligences valid dan layak digunakan untuk digunakan dalam pembelajaran, matematika khususnya pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). (3) Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis multiple intelligences yang dikembangkan sangat efektif dan praktis digunakan karena sudah memenuhi kelayakan isi, kelayakan Bahasa, dan kelayakan tampilan. Hal ini diperkuat oleh pendapat para ahli dalam memvalidasi produk LKS yang dikembangkan, dan juga diujikan kepada siswa. Setelah di uji dengan uji beda rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa setelah belajar dengan LKS berbasis multiple intelligences lebih tinggi dari siswa yang belajar sebelum menggunakan LKS berbasis multiple intelligences.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.