Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multiple Intelligences Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika
PDF

How to Cite

Aditya, D., Kamali, A., & Nurmantoro, M. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multiple Intelligences Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 2(1), 113-122. https://doi.org/10.30598/snpmunpatti.2021.pp113-122

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengembangan  LKS berbasis multiple intelligences, tingkat validasi pengembangan LKS berbasis multiple intelligences  dan kefektifan LKS  berbasis  multiple  intelligences  yang  dikembangkan  bagi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) yang mengikuti langkah-langkah metode Borg & Gall dan mengacu pada  prosedur yang telah ditetapkan sebelumnya. Hasil penelitian dan pengembangan menyimpulkan  : (1) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis multiple intelligences dikembangkan dengan beberapa langkah. (2) Hasil pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis multiple intelligences  dikembangkan dan di uji validitas dari ketiga ahli dan hasilnya menunjukan bahwa LKS berbasis multiple intelligences  valid dan layak digunakan untuk digunakan dalam pembelajaran, matematika khususnya pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). (3) Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis multiple intelligences yang dikembangkan sangat efektif dan praktis digunakan karena sudah memenuhi kelayakan isi, kelayakan Bahasa, dan kelayakan tampilan. Hal ini diperkuat oleh pendapat para ahli dalam memvalidasi produk LKS yang dikembangkan, dan juga diujikan kepada siswa. Setelah di uji dengan uji beda rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa setelah belajar dengan LKS berbasis multiple intelligences lebih tinggi dari siswa yang belajar sebelum menggunakan LKS berbasis multiple intelligences.

https://doi.org/10.30598/snpmunpatti.2021.pp113-122
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.