Validitas Angket Self-Confidence Peserta Didik Menengah pada Pembelajaran Matematika
PDF

How to Cite

Putri, F., Haniyah, D., & Rahmawati, W. (2022). Validitas Angket Self-Confidence Peserta Didik Menengah pada Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 2(1), 170-183. https://doi.org/10.30598/snpmunpatti.2021.pp170-183

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas dan reliabilitas angket self-confidence

peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan aplikasi Winsteps.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP, SMA dan SMK

di Jakarta dengan total subjek pada penelitian sebanyak 212 peserta didik yang terdiri dari 36

peserta didik SMP, 53 peserta didik SMA dan 123 peserta didik SMK. Pada penelitian ini

menggunakan angket self-confidence yang diadopsi dari dua penelitian lain dimana terdapat 6

indikator pada self-confidence. Penelitian ini dianalisis menggunakan Rasch Model dengan

menggunakan aplikasi WinSteps. Selanjutnya, hasil penelitian ini memperoleh bahwa terdapat

44 subjek yang tidak valid. Sementara, perhitungan reliabilitas memperoleh sebesar (α = 0.51).

https://doi.org/10.30598/snpmunpatti.2021.pp170-183
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.