Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada sekolah kejuruan dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan kemampuan matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pemberian instrumen berupa tes uraian, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Total subjek pada penelitian sebanyak tiga siswa terdiri dari satu siswa dengan kemampuan matematika tinggi, satu siswa dengan kemampuan matematika sedang, dan satu siswa dengan kemampuan matematika rendah yang dipilih berdasarkan hasil Penilaian Tengah Semester (PTS) semester genap pada kelas XI jenjang sekolah menengah kejuruan. Pada penelitian ini terdapat empat indikator, yaitu written text & drawing, mathematical concept relations, completion steps, dan draw a conclusion. Selanjutnya, hasil penelitian ini diperoleh bahwa subjek yang memiliki kemampuan matematika tinggi mampu menyelesaikan soal pada semua indikator, subjek yang memiliki kemampuan matematika sedang mampu menyelesaikan soal pada dua indikator namun terdapat kekeliruan dalam menyelesaikan soal pada indikator completion steps dan draw a conclusion. Sedangkan subjek yang memiliki kemampuan matematika rendah masih terdapat banyak kekeliruan dalam menyelesaikan soal matematika pada semua indikator.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.