APLIKASI PERSAMAAN DIFERENSIAL PADA PENYEBARAN PENYAKIT BERBASIS SOFTWARE MAPLE UNTUK SISWA SMA NEGERI 3 AMBON
Abstract
Persamaan diferensial telah menjadi salah satu topik matematika yang menarik pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu bentuk aplikasinya, yaitu pada penyebaran penyakit menular. Pada kenyataannya, pembelajaran matematika di sekolah masih bersifat teoritis, sehingga pembelaran bermakna sulit tercapai. Materi matematika yang diberikan oleh guru sulit untuk dipahami oleh siswa karena bersifat abstrak. Hal ini mendorong pembelajaran untuk mengaplikasikan materi tentang persamaan diferensial pada kehidupan nyata di sekitar siswa. Selain itu, pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut adanya kemampuan adaptasi dari siswa, guru, dan sekolah. Melalui kegiatan pengabdian ini, upaya adaptasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dilakukan melalui peningkatkan kualitas pembelajaran pada SMA Negeri 3 Ambon. Kegiatan yang dilakukan meliputi upaya meningkatkan kemampuan siswa tentang penerapan materi persamaan differensial pada kehidupan nyata. Pada akhirnya, Software Maple digunakan untuk mendukung proses pembelajaran matematika.
Downloads
References
Andraini, R., Afidah, M., & Wahyuni, S. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Google Form Sebagai Media Evaluasi dalam Model Pembelajaran Hybrid Learning. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7 (2), 419-425.
Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S.K., & Munthe, L.S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journalof Intellectual Publication, 1 (3), 189-197.
Fatimah, C., Asmara, P.M., Mauliya, I., & Puspaningtyas, N.D. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Berbasis Daring. Mathema Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).
Supiarmo, M.G., Sholikin, M.W., Harmonika, S., & Gaffar, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasional Siswa. Journal Numeracy, 9(1), 1-13.
Fathurrahman, F. & Fitrah, M. (2023). Software Geogebra Pada Pembelajaran Matematika: Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1).
Yanie, A., Srg, L.A., & Junaidi, J. (2019). Penggunaan Aplikasi Matlab Untuk Meningkatkan Pengetahuan Guru. Tunas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Asrun, B. & Utama, M.I.B. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Maple Pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2).
Akbar, T.I.S. & Sahputri, J. (2022). Kegiatan Promotif dan Preventif Penyebaran COVID-19 Pada Sekolah Luar Biasa (SLB) Cinta Mandiri, Kota Lhoksumawe. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Kesehatan), 4(1), 45-54.
Hendrawati, S., Nurhidayah, I., Mardhiyah, A., Mardiah, W., & Adistie, F. (2018). Pemberdayaan Guru Sekolah Dalam Deteksi Dini dan Screening Tuberculosis Pada Anak Sekolah di Desa Cileles Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumendang. Media Karya Kesehatan, 1(1), 11-28.
Bahar, H., Lestari, H., Effendy, D.S., Ahmad, L.O.A.I., Tosepu, R., Febriana, M., Attamimi, U., & Asriati, A. (2022). Edukasi Pentingnya Upaya Pencegahan Penyakit Malaria di Usia Dini (Pengabdian di Sekolah Dasar 63 Kendari). Amaliah Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 91-96.
Beay, L. K. (2018). Modelling The Effects of Treatment and Quarantine on Measles. AIP Conference Proceedings, 1937, 02004 (2018).
Anggriani, N. & Beay, L. K. (2022). Modeling of COVID-19 Spread with Self-Isolation at Home and Hospitalized Classes. Results in Physics. 105378 (36): 1-13.
Copyright (c) 2024 PAKEM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with PAKEM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors grant copyright to the journal and right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0)
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.