OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA DAN LKPD BERBASIS RISET DI SMP KRISTEN 1 LEIHITU BARAT

Optimalisasi Penggunaan Media dan LKPD Berbasis Riset di SMP Kristen 1 Leihitu Barat

  • Venty Enty Sopacua Universitas Pattimura
  • Fryan Sopacua Universitas Pattimura
  • Ashari Bayu Prasada Dulhasyim Universitas Pattimura
  • Sally Untajana Universitas Pattimura
Keywords: Phet, Wordwall, LKPD Berbasis Riset

Abstract

Pembelajaran yang menarik dan bermakna serta merangsang berpikir kritis dapat diwujudkan melalui penggunaan media pembelajaran yaitu aplikasi Phet dan Wordwall. Aplikasi Phet menampilkan fenomena-fenomena sains dalam bentuk audio-visual untuk membantu sekolah yang mengalami kekurangan alat laboratorium. Sedangkan Wordwall merupakan aplikasi yang mempermudah guru dalam evaluasi pembelajaran. Melalui aplikasi Phet Peserta didik dapat membuktikan konsep-konsep sains dan dapat menemukan konsep. Penerapan aplikasi Phet dalam proses pembelajaran membutuhkan paduan berupa lembar kerja siswa berbasis riset yang dimana melalui lembar kerja siswa dapat melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi salah satunya nalar kritis.  Rendahnya sosialisasi mengakibatkan para guru di SMP Kristen 1 Leihitu Barat belum mengenal aplikasi Phet dan Wordwall. Dengan adanya program pengabdian pada masyarakat diharapkan para guru di SMP Kristen 1 Leihitu Barat dapat menerapkan secara mandiri aplikasi Phet dan Wordwall serta membuat lembar kerja siswa berbasis riset sehingga terciptanya suasana pembelajaran yang menyenangkan, aktif, kritis, kreatif, dan bermakna

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hermansyah, H., Gunawan, & Herayanti, L. (2015). Pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97-102.

Maghfiroh, K. (2018). Penggunaan Media Wordwall Untuk Meningkatkan hasil Belajar Matematika Pada Siswa kelas IV MI Roudlotul Huda. JPK: Jurnal Profesi Kependidikan, 4(1), 64-70. Retrieved from https://journal.Unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Pradani, T.G. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Minat dan

Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di Sekolah dasar. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 452-457.

Sari & Yarza. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz dan Wordwall Pada Pembelajaran IPA Bagi Pendidik-Pendidik Sdit Al-Kahfi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan , 4(2), 195. https://doi.org./10.31764/jpmb.v4i2.4112

Silverius, S. (1998). Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: Grasindo.

Siti Ita Masita, Pujianti Bejahida Donuata, dkk. (2020). Penggunaan PhET Simulation dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. IKIP Muhammadiyah Maumere: Program studi Pendidikan Fisika.

Sherianto. (2020). Wordwall Aplikasi Bermain Sambil Belajar. Terse-dia: http://www.cocokpedia.net/2020/07/wordwall-aplikasi-bermain-sambil-belajar.html. Diakses 28 September 2020.

Sudjana, N. (1999). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiarti. (2015). Pembelajaran Fisika Berbantuan Simulasi PhET dalam Membangun Konsep Siswa. Wahana DIDAKTIKA, Jurnal Ilmu Kependidikan , 13 (1) : 1- 135.

Sugiyanto, Y., Haris,M., Hasibuan, E., & Anggereni, E. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual Pada Materi Ekosistem Kelas VII SMPN Tanjung Jabung Timur The Development of Contextual Based Student Worksheet (LKPD) in the Material of Class VII Ecosystem, SMP Tanjung Jabung Timur(Vol. 7, Issue 1).

Published
2024-06-08
How to Cite
Sopacua, V., Sopacua, F., Dulhasyim, A. B., & Untajana, S. (2024). OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA DAN LKPD BERBASIS RISET DI SMP KRISTEN 1 LEIHITU BARAT. PAKEM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 21-27. https://doi.org/10.30598/pakem.4.1.21-27