OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA DAN LKPD BERBASIS RISET DI SMP KRISTEN 1 LEIHITU BARAT
Optimalisasi Penggunaan Media dan LKPD Berbasis Riset di SMP Kristen 1 Leihitu Barat
Abstract
Pembelajaran yang menarik dan bermakna serta merangsang berpikir kritis dapat diwujudkan melalui penggunaan media pembelajaran yaitu aplikasi Phet dan Wordwall. Aplikasi Phet menampilkan fenomena-fenomena sains dalam bentuk audio-visual untuk membantu sekolah yang mengalami kekurangan alat laboratorium. Sedangkan Wordwall merupakan aplikasi yang mempermudah guru dalam evaluasi pembelajaran. Melalui aplikasi Phet Peserta didik dapat membuktikan konsep-konsep sains dan dapat menemukan konsep. Penerapan aplikasi Phet dalam proses pembelajaran membutuhkan paduan berupa lembar kerja siswa berbasis riset yang dimana melalui lembar kerja siswa dapat melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi salah satunya nalar kritis. Rendahnya sosialisasi mengakibatkan para guru di SMP Kristen 1 Leihitu Barat belum mengenal aplikasi Phet dan Wordwall. Dengan adanya program pengabdian pada masyarakat diharapkan para guru di SMP Kristen 1 Leihitu Barat dapat menerapkan secara mandiri aplikasi Phet dan Wordwall serta membuat lembar kerja siswa berbasis riset sehingga terciptanya suasana pembelajaran yang menyenangkan, aktif, kritis, kreatif, dan bermakna
Downloads
References
Hermansyah, H., Gunawan, & Herayanti, L. (2015). Pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97-102.
Maghfiroh, K. (2018). Penggunaan Media Wordwall Untuk Meningkatkan hasil Belajar Matematika Pada Siswa kelas IV MI Roudlotul Huda. JPK: Jurnal Profesi Kependidikan, 4(1), 64-70. Retrieved from https://journal.Unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
Pradani, T.G. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Minat dan
Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di Sekolah dasar. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 452-457.
Sari & Yarza. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz dan Wordwall Pada Pembelajaran IPA Bagi Pendidik-Pendidik Sdit Al-Kahfi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan , 4(2), 195. https://doi.org./10.31764/jpmb.v4i2.4112
Silverius, S. (1998). Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: Grasindo.
Siti Ita Masita, Pujianti Bejahida Donuata, dkk. (2020). Penggunaan PhET Simulation dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. IKIP Muhammadiyah Maumere: Program studi Pendidikan Fisika.
Sherianto. (2020). Wordwall Aplikasi Bermain Sambil Belajar. Terse-dia: http://www.cocokpedia.net/2020/07/wordwall-aplikasi-bermain-sambil-belajar.html. Diakses 28 September 2020.
Sudjana, N. (1999). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sugiarti. (2015). Pembelajaran Fisika Berbantuan Simulasi PhET dalam Membangun Konsep Siswa. Wahana DIDAKTIKA, Jurnal Ilmu Kependidikan , 13 (1) : 1- 135.
Sugiyanto, Y., Haris,M., Hasibuan, E., & Anggereni, E. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual Pada Materi Ekosistem Kelas VII SMPN Tanjung Jabung Timur The Development of Contextual Based Student Worksheet (LKPD) in the Material of Class VII Ecosystem, SMP Tanjung Jabung Timur(Vol. 7, Issue 1).
Copyright (c) 2024 PAKEM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with PAKEM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors grant copyright to the journal and right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0)
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.