PRAKTIK MICROTEACHING OLEH DOSEN PENERIMA BEASISWA LPDP MICROCREDENTIALS PENDIDIKAN PROFESI GURU

  • Felicia Miranda Lekatompessy Pattimura University
Keywords: Microteaching, Beasiswa Microcredentials PPG, LPDP

Abstract

Microteaching adalah teknik pengajaran yang melibatkan sesi pengajaran singkat dan terfokus di depan sekelompok kecil rekan sejawat atau peserta didik. Tujuan dari microteaching adalah untuk memberikan kesempatan kepada para pengajar untuk berlatih dan menerima umpan balik tentang keterampilan mengajar tertentu dalam lingkungan yang terkendali dan mendukung. Program Beasiswa Microcredentials PPG melalui dana LPDP yang diikuti oleh penulis dari September-November 2023 menawarkan kesempatan kepada para dosen pengajar PPG untuk melaksanakan sesi microteaching sebagai bagian dari pengembangan profesional mereka. Dengan berpartisipasi dalam program ini, para dosen dapat terus mengikuti perkembangan teknik mengajar dan tren pendidikan terkini, yang pada akhirnya akan bermanfaat bagi para peserta didik. Selain itu, pengembangan profesional memungkinkan para pendidik untuk berkolaborasi dengan kolega, berbagi praktik terbaik, dan terus berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam praktik mengajar mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Freeman, S., Eddy, S. L., McDonough, M., Smith, M. K., Okoroafor, N., Jordt, H., & Wenderoth, M. P. (2014). Active learning increases student performance in science, engineering, and mathematics. Proceedings of the National Academy of Sciences, 111(23), 8410–8415.

Garcia, O., & Wei, L. (2014). Translanguaging: Language, bilingualism and education. Palgrave Macmilan.

Lekatompessy, F. M. (2010). Needs Analysis in Curriculum Development. Published in UPI Pasca 2008. Accessed in https://upipasca.wordpress.com/2010/02/19/needs-analysis-in-curriculum-development/

Lekatompessy, F.M., & Rijoly, H.M.A. (2018). Material Development of English For Chemistry Subject Based On The Needs Analysis of Students’ in Chemisty Education Study Program. Published in Proceeding Book The 3rd International Seminar on Education, November 07th, 2018. o-ISSN: 2599-3178, p-ISSN: 2623-0917.

Monica, M., & Suganthan, C. (2023). Analysing the Significance of Microteaching in ESL Classroom and Strategies for Fostering Better Language Acquisition. Published in Literary Musings Journal, Vol. 1 (2), December 2023.

Sukirman, D. (2012). Pembelajaran Micro Teaching. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islama Kementerian Agama RI.

Tan, L., Thomson, R., Koh, J,H,L., & Chik, A. (2023). Teaching Multimodal Literacies with Digital Technologies and Augmented Reality: A Cluster Analysis of Australian Teachers’ TPACK. Published in Sustainability Journal 2023, 15, 10190. https://doi.org/10.3390/su151310190.

Tan, L. (2023). Appendix 3 Peer Feedback Form. Retreived on https://westernx.edu.au in October 20, 2023.

Tan, L. (2023). Appendix 2 Critical Self Reflection. Retreived on https://westernx.edu.au in October 20, 2023.

Theobald, E. J., Hill, M. J., Tran, E., Agrawal, S., Arroyo, E. N., Behling, S., Chambwe, N., Cintrón, D. L., Cooper, J. D., Dunster, G., Grummer, J. A., Hennessey, K., Hsiao, J., Iranon, N., Jones, L., Jordt, H., Keller, M., Lacey, M. E., Littlefield, C. E., … Freeman, S. (2020). Active learning narrows achievement gaps for underrepresented students in undergraduate science, technology, engineering, and math. Proceedings of the National Academy of Sciences, 117(12), 6476–6483.

Published
2024-06-08
How to Cite
Lekatompessy, F. (2024). PRAKTIK MICROTEACHING OLEH DOSEN PENERIMA BEASISWA LPDP MICROCREDENTIALS PENDIDIKAN PROFESI GURU. PAKEM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 13-20. https://doi.org/10.30598/pakem.4.1.14-21