PENGENALAN KOMODITAS IKAN KONSUMSI YANG DIBUDIDAYAKAN PADA SISWA SMP SITANALA LEARNING CENTER (SMP KRISTEN REHOBOTH)

  • Elizabeth Miklen Palinussa Universitas Pattimura
  • Semuel F Tuhumury Universitas Pattimura
  • Maureen M Pattinasarany Universitas Pattimura
Keywords: Komoditas, Ikan Konsumsi, Budidaya

Abstract

Kegiatan budidaya merupakan aspek yang penting dalam mendukung sektor perikanan dan membantu ekonomi masyarakat. Kegiatan budidaya adalah aktivitas memelihara organisme yang memiliki nilai ekonomis penting ada berbagai  jenis produk unggulan Tujuannya adalah untuk  memperkenalkan jenis-jenis komoditas ikan konsumsi yang dibudidayakan serta lokasi  budidaya komoditas ikan konsumsi pada siswa sebagai generasi muda. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berlangsung pada tanggal  17 Oktober 2023 pada siswa-siswi kelas 9 SMP Sitanala Learning Center Kota Ambon. Metode yang diberikan  yaitu  pemberian materi berupa presentasi. Hasil yang diperoleh bahwa tidak semua siswa yang mengikuti kegiatan memiliki pengetahuan awal tentang jenis-jenis komoditas ikan konsumsi yang dibudidaya dengan nilai sebesar (23,07%). Adapun beberapa komoditas ikan ekonomis penting  yang di konsumsi pada air tawar, payau dan  laut. Seperti  ikan nila,  lele, bandeng, kerapu, kakap. Setelah kegiatan dilaksanakan siswa telah memahami materi yang diberikan dengan mampu menjawab pertanyaan dimana  nilai hasil tes kemampuan akhir sebesar (100%). Kesimpulan yang diperoleh Siswa mendapatkan pengetahuan tambahan, peningkatan pemahaman  dan mampu menjelaskan kembali tentang komoditas ikan konsumsi yang dibudidayakan dan lokasi yang cocok untuk aktivitas budidaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djunaidah, L., S. (2017). Tingkat Konsumsi Ikan di Indonesia: Ironi di Negeri Bahari. Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan,11(1),12-24.

Hartina, Pakanyamong, K., A., A., & Tussadia, H. (2023). Analisis Hasil Produksi Budidaya Ikan Nila Di Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi. Jurnal Trofish, 2(1),1-4.

Irnawati, Ririn, Simbolon, D., Wiryawan, B., Murdiyanto, B., & Nurani. W., T. (2011). Analisis Komoditas Unggulan Perikanan Tangkap di Taman Nasional Karimunjawa. Jurnal Saintek Perikanan, 7(1)1–9.

Junaidi, M., Setyono, BDH., Set, Azhar, & Fariq. (2020). Demplot budidaya lobster dan kerang mutiara secara terintegrasi dalam rangka penguatan kemitraan masyarakat Lombok Utara. Agrokreatif Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 6(3),249-259.

Natsir, N., A., & Latifa, S. (2018). Analisis kandungan protein total ikan kakap merah dan ikan kerapu bebek. Jurnal Ilmu Biologi dan Edukasi. 7 (1),49-55.

Puspitasari, D. (2017). Teknik pembesaran ikan kerapu cantik (Epinephelus sp.) pada Keramba jaring apung di Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Situbondo, Jawa Timur. Universitas Airlangga.

Rahmawati, Sanjaya, A., Y., Asih, C., L., S., A., Putri, A., Putri., E., R., Ayuningtyas, T., D., & Mulyani, D. (2023). Analisis Pola Konsumsi Ikan Masyarakat Kabupaten Jombang, Jawa Timur, pada Masa Pandemi dan Endemi Covid-19. JMCS (Journal of Marine and Coastal Science), 12 (2),51-57.

Published
2024-06-08
How to Cite
Palinussa, E., Tuhumury, S., & Pattinasarany, M. (2024). PENGENALAN KOMODITAS IKAN KONSUMSI YANG DIBUDIDAYAKAN PADA SISWA SMP SITANALA LEARNING CENTER (SMP KRISTEN REHOBOTH). PAKEM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 8-12. https://doi.org/10.30598/pakem.4.1.8-12