PEMANFAATAN MEDIA TEKNOLOGI DALAM MODEL PEMBELAJARAN DI ERA KURIKULUM MERDEKA UNTUK PENDIDIK TINGKAT SMA DI KECAMATAN KAIRATU

  • Anderson Leonardo Palinussa Universitas Pattimura
  • Pieter Zakarias Tupamahu Universitas Pattimura
  • Vederico Pitsalitz Sabandar Universitas Pattimura
  • Yulian Hanny Makaruku Universitas Pattimura
Keywords: media teknologi, model pembelajaran, , kurikulum merdeka belajar

Abstract

Kurikulum Merdeka Belajar adalah salah satu inovasi penting dalam pendidikan Indonesia yang memberikan kebebasan kepada pendidik untuk memilih perangkat ajar dan memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu pendidik menggunakan media teknologi dalam model pembelajaran sehingga dapat diimplementasikan secara maksimal pada era kurikulum merdeka belajar. Objek kegiatan ini adalah semua pendidik SMA/SMK mata pelajaran matematika di Kecamatan Kairatu, Seram Bagian Barat. Kegiatan PkM dilakukan dalam bentuk pelatihan kepada 28 peserta yang merupakan pendidik dengan diberikan kuisioner awal (pretest) dan akhir (posttest) untuk dianalisis tingkat pemahaman materi yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan ini efektif dalam meningkatkan pemahaman pendidik tentang pemanfaatan media teknologi dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji N-gain yang menunjukkan peningkatan pemahaman peserta pelatihan. Namun, pelaksanaan kegiatan ini memerlukan peningkatan, terutama dalam hal durasi kegiatan dan ketersediaan fasilitas laboratorium komputer untuk praktik langsung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito., Samal, A. D., Riyandi, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(2), 3011-3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Marzuqi, B. M., & Ahid, N. . (2023). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Di Indonesia: Prinsip Dan Faktor Yang Mempengaruhi. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 4(2), 99–116. https://doi.org/10.30762/joiem.v4i2.1284

Nasir, A. M. (2016). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.

Ratumanan, T. G. (2015). Belajar Dan Pembelajaran Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Surabaya: Unesa Universitas Press.

Sari, I., & Gumiandari, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pasca Pembelajaran Daring ‎Di SMKN 2 Cirebon. Journal of Education and Culture, 2(3), 1–11. https://doi.org/10.58707/jec.v2i3.267

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta

Tuerah, R., & Tuerah, J. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 979-988. https://doi.org/10.5281/zenodo.10047903

Widyawati, E. R., & Sukadari, S. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Alat Pembelajaran Kekinian bagi Guru Profesional IPS dalam Penerapan Pendidikan Karakter Menyongsong Era Society 5.0. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 10, 215–225. https://doi.org/10.30595/pssh.v10i.667

Published
2024-06-09
How to Cite
Palinussa, A., Tupamahu, P., Sabandar, V., & Makaruku, Y. (2024). PEMANFAATAN MEDIA TEKNOLOGI DALAM MODEL PEMBELAJARAN DI ERA KURIKULUM MERDEKA UNTUK PENDIDIK TINGKAT SMA DI KECAMATAN KAIRATU. PAKEM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 74-81. https://doi.org/10.30598/pakem.4.1.74-81