Pelatihan PELATIHAN PENGGUNAAN ALAT PRAKTIKUM IPA TERINTEGRASI PADA SISWA DAN GURU DI SMA NEGERI 2 SERAM BAGIAN BARAT

  • Rony Marsyal Kunda Program Studi Bioteknologi, FMIPA, Universitas Pattimura https://orcid.org/0000-0003-4119-4190
  • Richard Rudolf Lokollo
  • Fredrik Manuhutu
  • Reinhard Salamor
  • Yuli Tirtariandi El Anshori Universitas Terbuka Ambon
Keywords: Pembelajaran IPA Terintegrasi, Praktikum, in-service training

Abstract

Pembelajaran IPA mestinya lebih menekankan pada dimensi pedagogik modern, yaitu menggunakan scientific approach. Pembelajaran yang relevan diterapkan adalah pembelajaran melalui eksperimen (praktikum). Melalui praktikum siswa memahami fenomena alam yang dikaji dari berbagai sudut sehingga siswa dapat belajar lebih bermakna (meaningful learning). Namun, kendala yang sering dihadapi yaitu kegiatan praktikum memerlukan waktu yang lama jika pembelajarannya dikemas dalam praktikum. Oleh karena itu diperlukan adanya suatu kegiatan pemberdayaan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan praktikum. Kegiatan pemberdayaan ini dikemas dalam bentuk inservice training yaitu pelatihan dan pendampingan penggunaan alat praktikum IPA secara terintegrasi pada siswa dan guru di SMA. Pelatihan yang dilaksanakan adalah pelatihan mengembangkan keterampilan dan kreativitas guru IPA dalam menggunakan perangkat praktikum IPA terintegrasi yang memanfaatkan KIT IPA yang sudah diproduksi. Pendampingan juga dilakukan terkait dengan meningkatkan kemampuan guru dalam mengeksplorasi, mengelaborasi dan merefleksi materi ajar IPA. Kegiatan pelatihan dan pendampingan kepada guru dan siswa ini akan dilakukan di SMA Negeri 2 Seram Bagian Barat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alsagaf, L.H., Boisandi, B., Sari, I.N., Matsun, M., Trisianawati, E., & Sukadi, E. (2018). Pelatihan Penggunaan Alat Dan Bahan Praktikum IPA untuk Guru IPA Se-Kabupaten Kubu Raya. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), pp. 135-144.

Andromeda., Bahrizal., & Ardina, Z. 2016. Efektifitas Kegiatan Praktikum Terintegrasi Dalam Pembelajaran Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMA/MA. Jurnal EKSATA, vol 1, 45-51.

Bahtiar, Rahayu, Y. S., & Wasis. (2018). Developing Learning Model P3E to Improve Students’ Critical Thinking Skills of Islamic Senior High School. Journal of Physics: Conference Series 947 (2017) 012067. doi :10.1088/1742-6596/947/1/012067.

Bahtiar., Maimun, & Anggriani, L, B. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Melalui Kegiatan Praktikum IPA Terpadu Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 134-142.

Syahidi, K., Zahara, L., & Ariandani, N. (2019). Pendekatan Scientific Approach dalam Mengembangkan Alat Praktikum IPA Terintegrasi Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan dan Kreativitas Guru IPA, 3(2), pp. 148-155.

Nisa, M. U. (2017). Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat pada Materi Zat Tunggal dan Campuran. Proceeding Biology Education Conference. 14(1), 62-68

Wilujeng, I. 2018. IPA Terintegrasi dan Pembelajarannya. UNY Press: Yogyakarta.

Published
2024-06-09
How to Cite
Kunda, R., Lokollo, R., Manuhutu, F., Salamor, R., & El Anshori, Y. (2024). Pelatihan PELATIHAN PENGGUNAAN ALAT PRAKTIKUM IPA TERINTEGRASI PADA SISWA DAN GURU DI SMA NEGERI 2 SERAM BAGIAN BARAT. PAKEM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 88-93. https://doi.org/10.30598/pakem.4.1.88-93