SOSIALISASI PEMBELAJARAN DIFERENSIASI BERBASIS MULTIPLE INTELLlGENCE PADA GURU SMA NEGERI 14 MALUKU TENGAH

  • Juliana Nirahua Pattimura University
  • Heppy Sapulete Universitas Pattimura
  • Carolina Sri Athena Barus Universitas Pattimura
  • Joni Taihuttu Universitas Pattimura
Keywords: pembelajaran diferensiasi, multiple intelligence

Abstract

Kurikulum merdeka belajar yang dicanangkan Mendikbudristek menghendaki proses pembelajaran haruslah berorientasi pada kebutuhan peserta didik, antara lain kesiapan belajar, profil belajar, minat belajar, dan kecerdasan ganda. Untuk itu guru dituntut untuk merancang pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik tersebut, salah satunya adalah merancang pembelajaran diferensiasi berbasis multiple intelligence. Oleh karena itu guru perlu dibekali dengan pengetahuan dan pemahaman bagaimana merancang pembelajaran diferensiasi berbasis multiple intelligence dalam suatu kegiatan sosialisasi. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan sebagai bagian daripengabdian kepada masyarakat untuk menjawab kebutuhan masyarakat pendidikan, khususnya di SMA Negeri 14 Maluku Tengah. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dalam bentuk ceramah bervariasi dan tanya jawab. Sebelum pelaksanaan sosialisasi, peserta diberikan tes awal untuk mengetahui tingkat pemahaman awal peserta (guru) terhadap materi sosialisasi. Setelah sosialisasi juga diberikan tes akhir untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta setelah sosialisasi. Hasil dari kegiatan sosialisasi ini adalah peserta memiliki pemahaman yang luas tentang pembelajaran diferensiasi berbasis multiple intelligence, namun perlu untuk dilakukan tidak lanjut berupa pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran agar guru memiliki prototipe perangkat pembelajaran diferensiasi berbasis multiple intelligence.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini, D. W. (2016). Differentiated Instruction: Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman Siswa Di Kelas Inklusif. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 2, (3), 340-349.

Bayumi, Chaniago, E., Fauzie, Elias, G., Hapizoh, Ahmad, Z. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi. Yogyakarta: Deepublish.

Gardner, H. (1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books.

Kamal, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Barabai. Julak Jurnal Pembelajaran & Pendidik, 1(1), 89-100.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik. Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Suatu Pendekatan Praktis Disertai Dengan Contoh. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rahmah, L., Setiono, & Ramdhan, B. (2023). Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Berdiferensiasi Berbasis Multiple Intelligence Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 11(2), 908-923.

Rintayati, P. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi. Jawa Tengah: Eureka Media Aksara.

Tomlinson, C. A. (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD).

Putra, I Made Y. T. (2021). Implementasi Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Strategi Diferensiasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 461-471.

Published
2024-06-09
How to Cite
Nirahua, J., Sapulete, H., Barus, C., & Taihuttu, J. (2024). SOSIALISASI PEMBELAJARAN DIFERENSIASI BERBASIS MULTIPLE INTELLlGENCE PADA GURU SMA NEGERI 14 MALUKU TENGAH. PAKEM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 66-73. https://doi.org/10.30598/pakem.4.1.66-73