PELATIHAN SOAL-SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR PADA SD NEGERI 325 MALUKU TENGAH

  • Michael Inuhan PSDKU Universitas Pattimura
  • John Nandito Lekitoo PSDKU Universitas Pattimura
  • Andy S K Dahoklory Universitas Pattimura
  • Ratna Kurniati MA Universitas Pattimura
Keywords: N-Gain, Olimpiade Matematika, pre-test, post-test

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dilakukan dengan cara memberikan pelatihan bagi siswa SD Negeri 325 Maluku Tengah yang menjadi peerta OS MIPA Universitas Pattmura mata pelajaran matematika. Pemberian pelatiihan dilaksanakan dengan cara pembahasan soal OS MIPA periode lampau. Pelatihan dilakukan oleh tim yang beranggotakan dua orang selama tujuh hari. Data berupa skor pre-test dan post-test Hasil pelatihan dianalisis menggunakan uji statistik N-Gain untuk mengetahui kriteria peningkatan dan keefektifan pelatihan ini. Diperoleh hasil skor N-Gain 0,21 yang menyatakan terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam mengrejakan soal olimpiade matematika tetapi masih dalam kategori rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Furqon. (2013). Statistik Terapan untuk Penelitian. Alfabeta.

Kusmaryono, I., & Ubaidah, N. (2022). Upaya Peningkatan Kreativitas Guru Melalui Pelatihan Pembuatan Teka-Teki Silang Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Matematika di Sekolah Da. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1160–1167. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i5.10682

Latifah, I. W., Susanto, Sugiarti, T., Fatahillah, A., & Murtikusuma, R. P. (2018). PROFIL BERPIKIR SISWA PESERTA OLIMPIADE MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR. KADIIKMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 145–154.

Matulessy, A., Ismawati, I., & Muhid, A. (2022). Efektivitas permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa: literature review. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), 165–178. https://doi.org/10.26877/aks.v13i1.8834

Pamungkas, M. D., Franita, Y., Solihati, A., & Wicaksono, B. G. (2020). Pengayaan Materi Olimpiade Matematika Dan Pelatihan Penyelesaian Soal-Soal Olimpiade Matematika Bagi Guru Sekolah Dasar. ProSANDIKA UNIKAL, 1(1), 35–42.

Prayanti, B. D. A., & Maxrizal. (2021). PELATIHAN PERSIAPAN OLIMPIADE MATEMATIKA SD BAGI SISWA SD IT AL MANSYUR BALUNIJUK. Jurnal Abdimastek (Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi), 2(2745–8725), 1–5.

Rohati, Pasaribu, F. T., & Kumalasari, D. (2019). Guru Sd Al Fath Dan Sd Jambi Islamic School Kota Jambi Provinsi Jambi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Unimed, 24(4), 870–878.

Suastika, K., & Suwanti, V. (2019). Pelatihan Guru Sd Pembimbing Olimpiade Matematika Se-Gugus 7 Kecamatan Sukun Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP), 2(02), 77–85. https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v2i02.442

Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking (1st ed.). Suryacahya.

Tilari, A. G., Firmansyah, F. A., & Cipta, E. S. (2024). Pengaruh model project-based learning berbantuan geogebra terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar di madrasah ibtidaiyah. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(2), 385–396. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i2.18105

Published
2024-06-09
How to Cite
Inuhan, M., Lekitoo, J., Dahoklory, A., & MA, R. (2024). PELATIHAN SOAL-SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR PADA SD NEGERI 325 MALUKU TENGAH. PAKEM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 59-65. https://doi.org/10.30598/pakem.4.1.59-65