PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DISISWA KELAS VII-B SMP NEGERI 85 MALUKU TENGAH

  • Hanisa Tamalene
  • La Moma Universitas Pattimura
Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri, Aritmetika Sosial

Abstract

Salah satu unsurĀ  penting dalam tri darma perguruan tinggi yang harus dilaksanakan oleh setiap dosen selain aspek Pendidikan, Pengajaran dan Penelitian adalah aspek Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Mengajar merupakan suatu proses yang kompleks, mengajar tidak hanya sekedar menyampaikan informasi kepada siswa melainkan meliputi banyak kegiatan dan tindakan yang harus dilakukan. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang akan dilakukan dengan judul Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Aritmetika Sosial di Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 85 Maluku Tengah ini bertujuan untuk memberikan informasi siswa tentang materi Aritmetika Sosial dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siwa di kelas tersebut. Kegiatan ini selain membantu meningkatkan hasil belajar para siswa juga membantu para guru dalam mererapkan model pembelajaran inkuiri untuk materi-materi yang lain dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2018). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama

Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=S_rJDwAAQBAJ&lpg=PR8&dq=model pembelajaran inkuiri&pg=PA78#v=onepage&q=model pembelajaran inkuiri&f=false

Anam, K. (2017). Pembelajaran Berbasis Inkuiri, Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Priansa, Donni. J. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran (Inovatif, Kreatif, dan Prestatif Dalam Memahami Peserta Didik). Bandung: CV Pustaka Setia.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group.2008.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta

Published
2024-06-09
How to Cite
Tamalene, H., & Moma, L. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DISISWA KELAS VII-B SMP NEGERI 85 MALUKU TENGAH. PAKEM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 94-99. https://doi.org/10.30598/pakem.4.1.94-99