APLIKASI REAKSI REDOKS SECARA KONTEKSTUAL BAGI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 6 MALUKU TENGAH
Abstract
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada siswa kelas XII MIA 2 SMA Negeri 6 Maluku Tengah tentang reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari serta mempraktekkannya menggunakan alat dan bahan yang sederhana di sekitar lingkungan siswa. Kegiatan ini terdiri dari tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pelaksanaan kegiatan dimulai dengan memberikan materi dan dilanjutkan dengan praktikum menggunakan bahan-bahan sederhana.Siswa menyimak semua materi yang diberikan dan antusias melakukan keempat percobaan sesuai dengan prosedur. Siswa begitu senang dengan setiap perubahan yang terjadi pada semua percobaan, baik perubahan warna, pembentukan gas dan endapan serta adanya ledakan dan percikkan api. Pada tahap evaluasi, siswa diberikan kuisioner untuk mengetahui respon terhadap kegiatan yang dilakukan. 89% siswa memberikan respon sangat baik dan baik terhadap penyajian materi, praktikum, serta suasana kegiatan. Kegiatan yang dilakukan ini membuat siswa senang dan tidak bosan dalam mempelajari reaksi redoks yang dianggap sulit dan membosankan oleh kebanykan siswa.
Downloads
Copyright (c) 2024 PAKEM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with PAKEM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors grant copyright to the journal and right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0)
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.