PENGEMBANGAN BUTIR TES KETERAMPILAN MEMBACA TEKS BAHASA JERMAN

  • Kalvin Karuna Universitas Pattimura
  • Henderika Serpara Universitas Pattimura
  • Maria M Nikijuluw Universitas Pattimura
Keywords: pengembangan butir soal, membaca, HOTS

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan kapasitas guru tentang penyusunan butir tes membaca yang meliput; (a) mengurai kompetensi dasar menjadi indicator target (Hauptkompetenzen) dan indicator pencapaian kompetensi (IPK), (b) mengembangkan butir soal pemahaman teks yang berbasis HOTS.

Metode penyampaian materi ini adalah presentasi yang dikuti dengan tanya jawab, kemudian dilakukan latihan analisis, dan latihan merumuskan soal.  Pada akhir kegiatan peserta diminta untuk mengisi angket tentang materi yang disajikan, manfaat materi tersebut dalam pembelajaran.

Hasil analisis menunjukan;  (a) Kemampuan peserta dalam  menguraikan kompetensi dasar menjadi indicator target bahkan IPK secara baik, (b) soal yang dikembangkan  peserta belum menggambarkan HOTS, karena masih berada pada level remember, karena keterbatasan kompetensi bahasa. Temuan tersebut menunjukan bahwa para guru bahasa Jerman Maluku Tengah masih perlu pendampingan lebih lanjut

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Broockhart M. Susan, (2010). How to Assess Higher Order Thinking Skill in Your Classroom. ASCD : Alexandria, Virginia USA.
Funk, Herman, dkk. Aufgaben, Übungen und Interaktion (DLL 4). (2014) Klett-Langenscheid : München, Deutschland.
Kemdikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses.
Karuna dkk (2019) dalam Professional Competence of German Language Teachers dalam (https://ojs.unpatti.ac.id/index.php/ises/article/viewFile/162/107)
Laveau Inge, (1998). Sach-und Fachtexte im Unterricht Deutsch als Fremdsprache. Goethe Institut : München, Deutschland.
Lorin W. Anderson and David R. Krathwohl dkk (2001) A axonomy for Learning, Teanhing and Assessing. A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives.
Ruseffendi, (1998). Statistika dasar Untuk Penelitian Pendidikan. Penerbit : IKIP Bandung Press.
Sugiyono, (2010) Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Penerbit : Alfabeta, Bandung.
Wenno C. Elda dan Karuna Kalvin (2021) Higher Order Thinking Skills dalam Tes Bahasa Jerman, dalam https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jedu/article/view/3176
PERMENDIKBUD RI Nomor 37, tahun 2018 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Dasar dan Menengah
Published
2022-04-13
How to Cite
Karuna, K., Serpara, H., & Nikijuluw, M. (2022). PENGEMBANGAN BUTIR TES KETERAMPILAN MEMBACA TEKS BAHASA JERMAN. PAKEM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 10-17. https://doi.org/10.30598/pakem.2.1.10-17