PENGEMBANGAN BUTIR TES KETERAMPILAN MEMBACA TEKS BAHASA JERMAN
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan kapasitas guru tentang penyusunan butir tes membaca yang meliput; (a) mengurai kompetensi dasar menjadi indicator target (Hauptkompetenzen) dan indicator pencapaian kompetensi (IPK), (b) mengembangkan butir soal pemahaman teks yang berbasis HOTS.
Metode penyampaian materi ini adalah presentasi yang dikuti dengan tanya jawab, kemudian dilakukan latihan analisis, dan latihan merumuskan soal. Pada akhir kegiatan peserta diminta untuk mengisi angket tentang materi yang disajikan, manfaat materi tersebut dalam pembelajaran.
Hasil analisis menunjukan; (a) Kemampuan peserta dalam menguraikan kompetensi dasar menjadi indicator target bahkan IPK secara baik, (b) soal yang dikembangkan peserta belum menggambarkan HOTS, karena masih berada pada level remember, karena keterbatasan kompetensi bahasa. Temuan tersebut menunjukan bahwa para guru bahasa Jerman Maluku Tengah masih perlu pendampingan lebih lanjut
Downloads
References
Broockhart M. Susan, (2010). How to Assess Higher Order Thinking Skill in Your Classroom. ASCD : Alexandria, Virginia USA.
Funk, Herman, dkk. Aufgaben, Übungen und Interaktion (DLL 4). (2014) Klett-Langenscheid : München, Deutschland.
Kemdikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses.
Karuna dkk (2019) dalam Professional Competence of German Language Teachers dalam (https://ojs.unpatti.ac.id/index.php/ises/article/viewFile/162/107)
Laveau Inge, (1998). Sach-und Fachtexte im Unterricht Deutsch als Fremdsprache. Goethe Institut : München, Deutschland.
Lorin W. Anderson and David R. Krathwohl dkk (2001) A axonomy for Learning, Teanhing and Assessing. A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives.
Ruseffendi, (1998). Statistika dasar Untuk Penelitian Pendidikan. Penerbit : IKIP Bandung Press.
Sugiyono, (2010) Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Penerbit : Alfabeta, Bandung.
Wenno C. Elda dan Karuna Kalvin (2021) Higher Order Thinking Skills dalam Tes Bahasa Jerman, dalam https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jedu/article/view/3176
PERMENDIKBUD RI Nomor 37, tahun 2018 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Dasar dan Menengah
Copyright (c) 2022 PAKEM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with PAKEM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors grant copyright to the journal and right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0)
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.