PENGENALAN LITERASI MATEMATIS PADA SISWA SD AL HILLAL KAMAL KECAMATAN KAIRATU BARAT

  • Marlin Blandy Mananggel Pendidikan Matematika
Keywords: literasi, literasi matematis, numerasi

Abstract

Literasi matematis adalah kemampuan seseorang untuk merumuskan, menerapkan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks dunia nyata, termasuk kemampuan melakukan penalaran secara matematis dan menggunakan konsep, prosedur, dan fakta untuk menggambarkan, menjelaskan atau memperkirakan suatu kejadian. Kegiatan pengabdian ini bertujuan memperkenalkan literasi matematis kepada siswa-siswi SD di Kecamatan Kairatu Barat. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan problem solving dan metode tanya jawab, probing prompting serta pemberian reward. Soal-soal literasi matematis disajikan dengan berbagai konten dan konteks serta level kognitif yang berbeda. Kegiatan pembelajaran berlangsung dengan baik, hampir semua siswa sangat antusias dan senang karena memiliki pengalaman dan pengetahuan baru terkait literasi matematis guna mempersiapkan mereka menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, P. (2018). Kemampuan Literasi Matematika dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 263–268. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19599/9515

Fathani, A. H. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah dalam Perspektif Multiple Inteleligences. Jurnal EduSains, 4(2), 136–150.

Kusumadewi, R. F., Ulia, N., & Ristanti, N. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematika di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(1), 11–16. https://doi.org/10.17977/um009v28i12019p011

Masjaya, & Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningatkan SDM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568–574.

Munfarikhatin, A., Palobo, M., & Mayasari, D. (2020). Respon Siswa Terhadap Pengenalan Literasi Matematika Melalui Permainan Kartu. Musamus Jurnal of Mathematics Education, 2(April), 92–101. http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/mathematics/article/view/2806/1500

NCTM. (2000). Principles and Standarts for School Mathematics. Virginia: NCTM. Retrieved April 5, 2022, from https://www.nctm.org/Standards-and-Positions/Principles-and-Standards/Principles,-Standards,-and-Expectations/

OECD. (2018). PISA 2021 MATHEMATICS FRAMEWORK (DRAFT). 2nd draft 32-40. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/pisa-2021-mathematics-framework-draft.pdf

Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430.

Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Sekolah Dasar untuk Siswa. Jurnal Varidika, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993

Rokhim, D. A., Rahayu, B. N., Alfiah, L. N., Peni, R., Wahyudi, B., Wahyudi, A., Sutomo, S., & Widarti, H. R. (2021). Analisis Kesiapan Peserta Didik Dan Guru Pada Asesmen Nasional (Asesmen Kompetensi Minimum, Survey Karakter, Dan Survey Lingkungan Belajar. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 61. https://doi.org/10.17977/um027v4i12021p61

Sani, R. A. (2021). Pembelajaran Berorientasi AKM. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara

Published
2022-05-08
How to Cite
Mananggel, M. (2022). PENGENALAN LITERASI MATEMATIS PADA SISWA SD AL HILLAL KAMAL KECAMATAN KAIRATU BARAT. PAKEM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 46-53. https://doi.org/10.30598/pakem.2.1.46-53