INTEGRASI KEARIFAN LOKAL BAKAR UHA DI DESA LIANG DENGAN DESAIN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM SOLVING MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA

  • E S Tamaela Universitas Pattimura
  • A Limba Universitas Pattimura
  • F Sopacua Universitas Pattimura
  • L Manuhuttu Universitas Pattimura
  • D Radjaudu Universitas Pattimura
  • S Tehuayo Universitas Pattimura
Keywords: local wisdom, bakar uha, problem solving

Abstract

Local wisdom is a characteristic or culture of a particular area that is preserved. Maluku province which consists of islands has a variety of local wisdom. These local wisdoms can be integrated with classroom learning. One form of local wisdom found in Liang Village, Central Maluku Regency is the making of Uha. Uha is a typical food of Liang Village. This food is made from sago and is maintained until now. The process of making Uha can be integrated with learning physics, especially the material of heat and its transfer. Because it can help students understand abstract concepts, teachers need to be equipped with knowledge of the process of developing devices with local local wisdom. The provisioning process involved all teachers at SMA Negeri 47 Central Maluku. At the writing of this article is only limited to physics learning tools. One that has been developed is a problem solving learning model with the local wisdom of Bakar Uha

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia, I. M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik Pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 8(SpecialIssue), 52-57.

Beghetto, R. A. (2018). What If?: Building Students' Problem-solving Skills Through Complex Challenges. ASCD.

Charli, L., Amin, A., & Agustina, D. (2018). Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal fisika pada materi suhu dan kalor di kelas x sma ar-risalah lubuklinggau tahun pelajaran 2016/2017. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 1(1), 42-50.

Griffin, P., McGaw, B., & Care, E. (Eds.). (2012). Assessment and teaching of 21st skills. New York: Springer Publishing Company

Haluruk, B (2020). Penerapan model pembelajaran discovery learning berbasis kearifan lokal bakar batu untuk meningkatkan penguasaan konsep materi kalor dan perpindahan kalor. Skripsi tidak dipublikasikan

Husna, N. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Materi Gerak Lurus Kelas VIII SMP Negeri 2 Indrajaya (Doctoral dissertation, UIN Ar-raniry Banda Aceh).

Kun, P. Z. (2013, September). Pembelajaran sains berbasis kearifan lokal. In Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika Ke-3 2013. Sebelas Maret University.

Kunandar.(2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: RajaGrafindo Persada

Limba, A., Pelupessy, M., Jamarua, C (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Sma Berbasis Science, Tecknology, Engineering, And Mathematic (Stem) Terintegrasi Kearifan Lokal Kabupaten Maluku Tengah. Laporan Hibah Fakultas

Mandasari, D. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Pkn Kelas V Yang Berorentasi Pada Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Sdn Lerpak 3 Bangkalan. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n2.p1003-1008

Pamungkas, A., Subali, B., & Linuwih, S. (2017). Implementasi model pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 118-127.

Putri, P. N., Kartono, K., & Halidjah, S. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Dalam Pembelajaran Tematik Kelas II. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(11).

Rahmah, K., Inganah, S., Darmayanti, R., Sugianto, R., & Ningsih, E. F. (2022). Analysis of Mathematics Problem Solving Ability of Junior High School Students Based on APOS Theory Viewed from the Type of Kolb Learning Style. INdoMATH: Indonesia Mathematics Education, 5(2), 109-122.

Ramdani, E. (2018). Model pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal sebagai penguatan pendidikan karakter. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1-10.

Rinaldi, E., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Problem Centered Learning dan Problem Based Learning. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9-18.

Siahaan, D. S. (2021). Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Dengan Representasi Majemuk Menggunakan Metode What’s Another Way Pada Materi Suhu dan Kalor Di MAS Darul Ulum YPUI Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Sitorus, E. H. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkankemampuan Komunikasi Matematis Siswadi SMP Negeri 6 Medan. Inspiratif: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1).

Subali, B., Sopyan, A., & Ellianawati, E. (2015). Developing local wisdom based science learning design to establish positive character in elementary school. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 1-7.

Sudarmin, S. (2014). Pendidikan karakter, etnosains dan kearifan lokal (konsep dan penerapannya dalam penelitian dan pembelajaran sains). Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unnes.

Wibowo, A., & Gunawan. (2015). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di sekolah: konsep, strategi, dan implementasi. Pustaka Pelajar.

Yuliana, I., Tjandrakirana, T., & Widodo, W. (2018, December). Improving students scientific literacy: a development of thematic ethnoscience-based teaching material. In International Conference on Mathematics and Science Education of Universitas Pendidikan Indonesia (Vol. 3, pp. 470-474).

Yulianti, A., & Ramdhan, B. (2020). Eksperimentasi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Hands-On terhadap Kemampuan Psikomotor. Report of Biological Education, 1(1).

Published
2023-05-28
How to Cite
Tamaela, E., Limba, A., Sopacua, F., Manuhuttu, L., Radjaudu, D., & Tehuayo, S. (2023). INTEGRASI KEARIFAN LOKAL BAKAR UHA DI DESA LIANG DENGAN DESAIN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM SOLVING MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA. PAKEM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 62-71. https://doi.org/10.30598/pakem.3.1.62-71