HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN SELF-REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PATTIMURA

  • Tuti Kalsum Balyanan Universitas Pattimura
  • Yuniasih MJ Taihuttu
  • Stefanus C Ariwicaksono
Keywords: Motivation, Self-Regulated Learning

Abstract

The first year of college is the most challenging period for students because of new situations, such as lecture systems, learning materials, and environments that are distinct from high school, so adaptability is necessary when someone enters college. Self-regulated learning is an activity where the student can freely determine and manage the learning process needed by the student and is related to three aspects of academic activities, namely metacognition, motivation, and behaviour. The purpose of this study is to determine the relationship between motivation and self-regulated learning in students of the Faculty of Medicine, Pattimura University. This study is a quantitative analytical research with a cross-sectional design using a total sampling technique with a total of 672 students of the Faculty of Medicine, Pattimura University, from the class of 2018-2021 in September-October 2022. The results of the study showed that from the 672 respondents, the percentages of the respondents who had high motivation and who had high self-regulated learning were 81.4% and 61%, respectively. Data analysis using the Fisher exact test showed the significance of the value of p ≤ 0,001. Thus, there is a significant relationship between motivation and self-regulated learning in students of the Faculty of Medicine Pattimura University

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hulukati W, Djibran MR. Analisis tugas perkembangan mahasiswa fakultas ilmu pendidikan Universitas negeri Gorontalo. Bikotetik. 2018;02(3):73–80.

Rahayu MNM, Arianti R. Penyesuaian mahasiswa tahun pertama di perguruan tinggi: studi pada mahasiswa fakultas psikologi UKSW. J Psikol sains dan profesi. 2020;4(2):73–84.

Elviani P. Pengaruh adaptasi lingkungan pembelajaran terhadap kemampuan akademik mahasiswa di program studi pendidikan dokter fakultas kedokteran universitas Abulyatama. J Heal Sains. 2020;1(6):401–6.

Nangkut YRS. Tingkat penyesuaian diri mahasiswa (studi deskriptif pada Mahasiswa angkatan 2016 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma yang berasal dari Nusa Tenggara Timmur). 2018.

Suroso ADS. Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Penyesuaian Diri Pada Pembelajaran Daring Mahasiswa Di Kota Samarinda. Fak Psikol Univ 17 Agustus 1945. 2021;9(1).

Aulia LN, Susilo S, Subali B. Upaya peningkatan kemandirian belajar siswa dengan model problem-based learning berbantuan media Edmodo. J Inov Pendidik IPA. 2019;5(1):69–78.

Prastiwi RF. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Self Regulated Learning Pada Mahasiswa. J Neo Konseling. 2021;03(03):17–23.

Simaremare EY, Sandayanti V, Silvia E. Hubungan manajemen waktu dengan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. J Cons. 2020;3(2):136–45.

Latukonsina VZ. Evaluasi Diri Problem Based Learning (PBL) Pada Blok Biomedik 5 Mahasiswa Semester 2 Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura. Molucca Medica. 2012;5(1):24–31.

Mulis S. Pengaruh adaptasi sosial dan self regulated learning terhadap prestasi akademik mahasiswa angkatan 2017 jurusan hukum bisnis syariah UIN Malang. 2020.

Lestari BI. Hubungan Motivasi Belajar dengan Self-Regulated Learning (SRL) Selama Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 pada Mahasiswa Kedokteran Umum Universitas Malahayati Angkatan 2019. 2019;9–25.

Hadi SN. Hubungan motivasi belajar dengan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa skripsi. J Pendidik Tambusai. 2020;4(3):3169–76.

Mutiara T, Rifameutia T. Adaptasi Alat Ukur Regulasi Diri Dalam Belajar Daring. Edcomtech J Kaji Teknol Pendidik. 2021;6(2):301–9.

Saswati S. Hubungan Motivasi Belajar dan Gaya Belajar VARK dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar. Nusant Hasana J. 2023;2(11):60–70.

Prastiwi RF, Soesilo TD, Irawan S. Pengaruh motivasi belajar terhadap self-regulated learning mahasiswa BK UKSW. 2020;2(2):36–40.

Kurnia SR. Hubungan motivasi belajar dengan hasil prestasi mahasiswa fakultas kedokteran universitas tarumanagara angkatan 2017. 2019.

Hakam I. Motivasi belajar mahasiswa dalam penyelesaian studi di Ma’has Al-Khansa Universitas Muhammadiyah Pontianak. 2020.

Pamungkas H, Prakoso AF. Self-Regulated Learning Bagi Mahasiswa: Pentingkah? J Pendidik Ekon. 2020;13(1):69–75.

Ayu A, Meutia E. Meningkatkan self-regulated learning pada mahasiswa melalui creative art : teori dan aplikasi. 2020;3(2):120–31.

Dinata PAC, Rahzianta, Zainuddin M. Self-regulated learning sebagai strategi membangun kemandirian peserta didik dalam menjawab tantangan abad 21. Pros Semin Nas Pendidik sains. 2016;139–46.

Dewi BPNM. Studi deskriptif faktor-faktor yang mempengaruhi regulasi diri dalam belajar pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. 2020;2(2).

Fitriani W, Haryanto, Atmojo SE. Motivasi berprestasi dan kemandirian belajar mahasiswa saat pembelajaran daring. J Pendidik. 2020;5(6):828–34.

Daulay N. Motivasi Dan Kemandirian Belajar Pada Mahasiswa Baru. Al-Hikmah J Agama dan Ilmu Pengetah. 2021;18(1):21–35.

Published
2024-08-03
How to Cite
1.
Balyanan T, Taihuttu Y, Ariwicaksono S. HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN SELF-REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PATTIMURA. PAMERI [Internet]. 3Aug.2024 [cited 23Dec.2024];6(1):32-. Available from: https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/pameri/article/view/9069