OPTIMALISASI PENGELOLAAN WILAYAH PESISIR SECARA TERPADU DALAM MEMAJUKAN OBJEK PARIWISATA DI NEGERI SULI KECAMATAN SALAHUTU KABUPATEN MALUKU TENGAH

  • Petronela Sahetapy Universitas Pattimura
Keywords: Optimalisasi, Pengelolaan, Wilayah Pesisir, Objek Pariwisata

Abstract

Tema senteral penelitian ini mengarah pada optimalisasi pengelolaan wilayah pesisir secara terpadu dalam memajukan objek pariwisata di Negeri Suli Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah, yang mana terfokus pada masalah yang dihadapi bahwa belum optimal pengelolaan wilayah pesisir secara terpadu dalam memajukan objek pariwisata yang tampak dari sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung yang belum memadai, yakni selama ini pengelolaannya belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Sebagai penelitian yang bersifat deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 22 orang, Disamping teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan akan dideskripsikan dengan bantuan tabel frekuensi dan kriteria interprestasi skor persentase maupun dukungan kategori penilaian untuk mengetahui besar kecilnya dukungan responden dan nilai yang diperoleh dan secara terakumulasi nilai skor yang diperoleh dalam perhitungan persentase dan inerpretasinya tetap mengacu pada kesesuaiannya dengan kriteria interprestasi skor. Besaran nilai CRR/SA dan Nilai ISP bersifat relatif searah sesuai dengan peluang penetapan prioritas, yang dimulai dari nilai ISP yang terendah secara berurutan ke nilai ISP yang tertinggi untuk dilakukan peningkatan dan penguatan dalam optimalisasi hasilnya yakni, merencanakan diprioritaskan pertama, dan mengorganisir dipriortaskan ke dua, sementara menggerakan dan mengawasi diprioritaskan secara bersamaan sebagai prioritas ketiga dan diharapkan dalam tindak lanjutnya dapat terlaksana dengan baik guna pengembangan pariwisata di Negeri Suli Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adikampana, I. M. (2017).In Pariwisata Berbasis Masyarakat. Denpasar: Cakra Press.
Arfianti Nur Sa’idah, 2017, “Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bandar Lampung ( Studi Pada Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung )”Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung 1438 H / 2017 M.
Dewi Kusuma Sari, 2011 “Pengembangan Pariwisata Obyek Wisata Pantai Sigandu Kabupaten Batang” Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang 2011.
Eppler, Mark,2007, 57 Kesalahan Total Dalam Manajemen Yang Dapat Anda Hindari (Management Mess-Ups), Terjemahan Juni Prakoso, Tangerang : Kharisma Publishing Group
Hiariey, L. S. (2013). Peran Serta Masyarakat Pemanfaat Pesisir dalam Pengelolaan Wilayah Peisir Teluk Ambon Dalam. Jurnal Matematika, Sains, dan Teknologi, Vol 14 No 1, hal 48 - 61.
Meredith, Geoffrey, M., Nelson, Robert, E., Neck Philip, 2000, Kewirausahaan: Teori dan Praktek, Seri Manajemen 97, Jakarta : Lembaga PPH.
Muhammad Brian Adam 2018, “Strategi Pengembangan Pariwisata Pesisir Di Kawasan Taman Wisata Pantai Ngliyep Kabupaten Malang Muhammad Brian Adam” Departemen Perencanaan Wilayah Dan Kota Fakultas Arsitektur, Desain dan Perencanaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember 2018.
Nasir, Moh, 2003. Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia.
Nike Ika Nuzula, 2016, “Optimasi Pengelolaan Ekowisata Pesisir: Studi Kasus Pesisir Taman Nasional Baluran Indonesia,” Magister Program Coastal Engineering And Management Faculty Of Marine Technology Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 2016.
Pranoto, Juni dan Suprapti, Wahyu, 2003, Membangun Kerjasama Tim, Jakarta : LAN RI.
Riduwan, 2003,Dasar-Dasar Statistik, Bandung: Alfabeta.
Rullyana Puspitaningrum Mamengko1, dan Erlina Daru Kuntari2, 2020 “Pengelolaan Pariwisata Bahari Berbasis Community-Based Tourism Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Pesisir” 1Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, Email: rullyana.mamengko@uny.ac.id 2Akademi Pariwisata Buana Wisata Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, Email: erlina@akparbuanawisata.ac.id ISSN 16935969, Media Wisata, Volume 18, Nomor 1, Mei 2020 EISSN 26858436.
Rusyidi, B., & Fedryansah, M. 2018. Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat. Jurnal Pekerjaan Sosial, Vol 1 No 3, hal 155 - 165.
Stoner, James A.F., R. Edward, Freeman, dan Daniel, R. Gilbert JR., 2003, Manajemen, Jilid I, Terjemahan Akexander Sindoro, Jakarta : PT. Indeks Gramedia Grup.
Sugiono, 2004, Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabeta.
Sujana, 2004. Metode Statistika, Bandung : Tarsito.
Sujarweni, Wiratna, V., 2014, Metodologi Penelitian Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami, Yogyakarta: Pustaka Baru.
Terry, George, R., 2000, Asas-Asas Manajemen, Terjemahan J.Winardi, Bandung: Alumni.
Ticoalu, D. E., Reppie, E., & Telleng, A. T. 2013. Analisis Kebijakan Pemberdayaan Masyarakat Perikanan Tangkap di Kota Manado.Jurnal Ilmu dan Teknologi Perikanan Tangkap, Vol 1 No 3, hal 76 - 80.

Tulungen, J. J. 2001. Program Pengelolaan Sumber Daya Wilayah Pesisir Terpadu dan Berbasis Masyarakat: Telaah Kasus di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.Prosiding Pelatihan Pengelolaan Wilayah Pesisir Terpadu.
Winardi, J., 2005, Pemikiran Sistemik Dalam Bidang Organisasi Dan Manajemen, Jakarta : Raja Grafindo Persada.
--------, 2010, Asas-Asas Manajemen, Bandung: Mandar Maju.
Published
2023-01-16