PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI GENDER SISWA

  • Ellen Merry Inkiriwang Unima
  • Anetha L. F. Tilaar Universitas Negeri Manado
  • Ichdar Domu Universitas Negeri Manado
Keywords: Model Pembelajaran, Gender, Garis dan Sudut

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan efek antara NHT, PBL, dan Expository learning terhadap Hasil belajar matematika. (2) perbedaan Hasil belajar matematika antara anak laki-laki dan Perempuan.(3) interaksi dari pengaruh model pembelajaran dan Gender terhadap Hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan desain eksperimental faktorial. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA, VIIB dan VIIC Smp Advent 04 Paal Dua Manado Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian eksperimen semu (kuasi eksperimen) ini dapat mengetahui pengaruh pembelajaran PBL,NHT DAN EL terhadap hasil belajar. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data post-test hasil belajar. Pengujian hipotesis menggunakan desain factorial 3 x 2 dengan Teknik analisis varians dua arah (Two ways Anava). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran PBL dan NHT terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi Garis dan Sudut. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa skor rata-rata hasil belajar laki-laki dan perempuan dengan model pembelajaran PBL dan NHT lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran EL.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Domu, ‘Ichdar Domu, Pengaruh Kinerja Guru Dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar Matematika’ hal.71.
Pusfarini Pusfarini, ‘Efektivitas Model Problem Based Learning Dalam Mereduksi Disparitas Gender Pada Capaian Pembelajaran Sains’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6.1 (2017), 57–65 .
Prihastini Oktasari Putri and Dewi Retno Sari S, ‘Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning ( Pbl ), Numbered Head Together ( Nht ) Dan Think Pair Share ( Tps ) Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Smp Negeri Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran ’, 3.9 (2015), 937–46.
Rizqi Amaliyakh Sholikhakh, Heru Pujiarto, and Suwandono Suwandono, ‘Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Matematika’, Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3.1 (2019), 33
Santi Afrilia Sari, Nurul Astuty Yensy, and Ringki Agustinsa, ‘Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Berbasis Kontekstual Dengan Pembelajaran Ekspositori Di Smp Negeri 6 Kota Bengkulu’, Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3.1 (2019), 66–77 .
Sri Haryati3 annachris91@yahoo.co.id Christiana Sri Wahyuni Kustiasih1, Sunardi2, ‘Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan Http://Jurnal.Fkip.Uns.Ac.Id/Teknodika’, Teknodika, Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 16.01 (2018), 1–9.
Published
2021-10-22
How to Cite
Inkiriwang, E., Tilaar, A., & Domu, I. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI GENDER SISWA. Sora Journal of Mathematics Education, 2(2), 56-60. https://doi.org/10.30598/sora.2.2.56-60