PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL, MODEL DI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SPLDV
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan model DI, (2) Khusus siswa yang mempunyai kemandirian belajar rendah, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan model DI, (3) Khusus siswa yang mempunyai kemandirian belajar tinggi, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan model DI, (4) Untuk mengetahui interaksi antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, model DI dengan kemandirian belajar. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian design research dengan produk yang dihasilkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik, dan Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model PBL dan DI. Sehingga siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan model PBL mempunyai hasil belajar yang lebih baik daripada dengan menggunakan model DI, (2) Untuk siswa yang mempunyai kemandirian belajar rendah, hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model PBL lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model DI, (3) Untuk siswa yang mempunyai kemandirian belajar tinggi, hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model PBL lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model DI, (4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian belajar. Sehingga antara model pembelajaran dan kemandirian belajar sama-sama mempengaruhi hasil belajar siswa.
Downloads
Copyright (c) 2021 Sora Journal of Mathematics Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.