Prediksi Penyebaran Covid-19 Gelombang Ke-3 Di Kota Ambon Menggunakan Aplikasi Matlab Dengan Model Berbasis SEIR Dan Metode Runge Kutta Fehlberg Ordo 10

Main Article Content

Dian Fransisca Paley
Marsela Fransiska Sapury
Fauzan Widiantoto Mussa

Abstract

Indonesia resmi memasuki gelombang tiga penyebaran Covid-19 sesuai pernyataan resmi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pandemik yang menyerang bukan hanya Indonesia tetapi dunia ini masih terus berkembang dalam kurun waktu lebih dari dua tahun. Oleh karena itu, berbagai studi telah dilakukan untuk mengetahui penyebaran virus ini dan memprediksi penyebarannya lewat beberapa model matematika. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi penyebaran Covid-19 di Provinsi Maluku terkhusus untuk gelombang ke tiga dengan pemodelan matematika SEIR. Secara khusus, metode Runge Kutta Fehlberg ordo 10 di aplikasi Matlab akan digunakan untuk memprediksi kenaikan penyebaran. Data yang digunakan yaitu data penyebaran Covid-19 di Maluku periode bulan Juli 2021 – Februari 2022. Diperoleh puncak penyebaran Covid-19 di Maluku berada pada Maret-April 2022.


Kata kunci: Covid-19, Runge-Kutta Fehlberg Ordo 10, Matlab, Pemodelan Matematika SEIR

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Paley, M. Sapury, and F. Mussa, “Prediksi Penyebaran Covid-19 Gelombang Ke-3 Di Kota Ambon Menggunakan Aplikasi Matlab Dengan Model Berbasis SEIR Dan Metode Runge Kutta Fehlberg Ordo 10”, Tensor, vol. 4, no. 1, pp. 45-52, Jun. 2023.
Section
Articles