Pola Komunikasi Jarak Jauh Anak Dan Orang Tua Dalam Menjaga Hubungan Kekeluargaan (Studi Kasus Pada Anak Buton Yang Merantau Di Kota Ambon)

Asis, Johana Nahuway,Sos, M.Si

  • Asis Asis Universitas Pattimura
  • Johana Nahuway

Abstract

Komunikasi antara anak dan orang tua tentu saja berbeda dengan komunikasi anak dan teman. Dan setiap anak dengan orang tua menghendaki kedekatannya antara satu sama lain, bahkan kalau bisa setiap saat. Namun dari kenyataan yang terjadi hubungan antara orang tua dengan anak mengalami hubungan jarak jauh karena perbedaan tempat tinggal, sang anak harus merantau di daerah lain untuk melanjutkan studi atau bekerja, hal ini juga terjadi pada anak Buton yang merantau di kota Ambon yang terpisah jauh dari orang tanya dan mengharuskan mereka berkomunikasi jarak jauh. Ketidak hadiran orang tua setiap saat dan setiap waktu menyebabkan permasalahan karena kurangnya pengawasan dari orang tua  karena waktu bertemu sangat sedikit. Komunikasi antara anak dan orang tua tentu saja memiliki pola-pola tertentu, dan Pola  komunikasi  keluarga  antara anak dan orang tua merupakan  salah  satu  faktor  yang  penting dalam  perkembangan  pribadi  anak. Oleh karena itu pentingnya pola komunikasi dalam keluarga untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi jarak jauh anak dan orang tua pada anak Buton yang merantau di kota Ambon. Metode penelitian yang di gunakan penulis adalah deskriptif kualitatif. Bahwa data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka- angka. Pengambilan data primer dilakukan melalui wawancara terhadap sejumlah informan anak Buton dan orang tuanya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola komunikasi keluarga jarak jauh yang paling dominan pada anak Buton dan orang tuanya adalah pola komunikasi laissez faire. Hal ini dikarenkan intensitas komunikasi antara anak dan orang tua sangtlah rendah juga tingkat pengawasan dan keterlibatan orang tua dalam aktifitas anak diperantauan sangtlah minim, bahkan keduanya terkesan tidak tertarik untuk membangun komunikasi. Selain pola komunikasi laissez faire ada pola komunikasi lain yang dilakukan dalam interaksi anak buton dan orang tuanya seperti pola komunikasi konsensual, pola komunikasi protektif dan pola komunikasi pluralistik.

Kata Kunci : pola komunikasi, jarak jauh, anak dan orang tua

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-30
How to Cite
Asis, A., & Nahuway, J. (2023). Pola Komunikasi Jarak Jauh Anak Dan Orang Tua Dalam Menjaga Hubungan Kekeluargaan (Studi Kasus Pada Anak Buton Yang Merantau Di Kota Ambon). Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura, 2(2), 418-429. https://doi.org/10.30598/JIKPvol2iss2pp418-429