Strategi Promosi Wisata Bukit Indah Desa Bombay Kecamatan Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara

  • Dewi Heatubun Universitas Pattimura
  • Fatmawati Rumra

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui strategi promosi wisata bukit indah. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Bombay kecamatan kei besar kabupaten Maluku tenggara. Bukit Indah  sendiri terletak di Kabupaten Maluku Tenggara “Desa Bombay, Kec. Kei Besar. Bukit ini mempunyai potensi alam yang indah dan sayangnya belum banyak yang mengetahui keindahan Bukit Indah tersebut. Keindahan Bukit Indah terletak di bagian wisata alamnya yang sangat lokal dan wisata bukit indah  ini sendiri terdapat di daerah pegunungan, wisata bukit indah juga tak kala menarik seperti wisata pengunungan di kota ambon. Pengambilan data primer dilakukan melalui wawancara terhadap sejumlah informan yang terlibat dalam strategi promosi wisata bukit indah. Adapun informannya yaitu pengelola wisata bukit indah, kepala bidang pemasaran dinas pariwisata dan pengunjung.

Strategi promosi yang digunakan oleh pengelola wisata bukit indah untuk mempromosikan wisata bukit indah yaitu dengan menngunakan strategi periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung.Pengembangan kawasan wisata merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan pendapatan daerah. Strategi ini umumnya diterapkan oleh daerah-daerah yang memiliki sumber daya alam yang dapat menjadi daya tarik wisata. Hasil penelitian menunjukan bahwa kerja sama antara pengelola wisata bukit indah dengan dinas pariwisata kabupaten Maluku tenggara sangat baik, sehingga starategi promosi yang dilakukan melalui akun-akun media sosial milik pengelola maupun dinas pariwisata berjalan dengan sukses dan menarik banyak pengunjung yang berkunjung ke wisata bukit indah. Jenis media sosial yang digukanan pengelola wisata adalah facebook, instagram, youtube dan google.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-30
How to Cite
Heatubun, D., & Rumra, F. (2023). Strategi Promosi Wisata Bukit Indah Desa Bombay Kecamatan Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara. Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura, 2(2), 393-407. https://doi.org/10.30598/JIKPvol2iss2pp393-407