Promosi Kartu Perdana By.U Oleh Perusahaan Telkomsel Dalam Menjangkau Pasar Anak Muda
Abstract
Abstrak : Penelitian ini merupakan penelitian mix metode deskripsi kualitatif dan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran dan bauran promosi yang dilakukan oleh perusahaan Telkomsel dalam mempromosikan kartu By.U dalam menjangkau pasar anak muda. Penelitian ini dilaksanakan di kantor Telkomsel Jakarta Pusat, namun dikarenakan pandemic Covid 19 menjadi melalui virtual menggunakan zoom. Pengambilan data primer dilakukan melalui dua cara yaitu wawancara dan kuesioner. Wawancara terhadap informan yang terlibat dalam mempromosikan kartu By.U dalam menjangkau pasar anak muda, Adapun informan adalah Ibu Evita Purnamasari selaku By.U creative branding evangelist. Dan kuesioner terhadap respon khalayak yang melihat dan kepuasan terhadap promosi yang dilakukan oleh perusahaan Telkomsel dalam memperkenalkan Kartu By.U, Ada 110 respondent dari berbagai daerah di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Perusahaan Telkomsel dalam mempromosikan kartu By.U menggunakan strategi komunikasi dengan metode Agile yang dimana perusahaan telkomsel selalu literasi Bersama penggunanya yang notabenenya anak muda dalam mengembangkan produk yang dikembangkan sekarang, dan juga perusahaan Telkomsel menggunakan bauran promosi untuk menggaet para konsumennya dengan 4 bauran promosi yang telah dilakukan oleh perusahaan Telkomsel yaitu; periklanan (advertising), personal Selling, Publikasi, dan Pameran, penggunaan strategi promosi yang menarik dapat menarik perhatian para khalayak terkhususnya anak muda. Media yang digunakan oleh perusahaan Telkomsel dalam mempromosikan produknya terkhusus kartu perdana By.U adalah media sosial yang dimana penggunanya anak muda.
Kata kunci: Strategi Komunikasi, Bauran Promosi, Branding
Downloads
Artikel yang diterbitkan merupakan hak cipta dari rumah jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura.